Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Translate Sudah Diunduh 1 Miliar Kali di Play Store

Kompas.com - 07/04/2021, 06:28 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Aplikasi penerjemah bahasa Google Translate mencatat rekor baru. Layanan penerjemahan buatan Google ini telah diunduh sebanyak 1 miliar kali di Google Play Store (Android).

Angka unduhan tersebut dikalkulasi berdasarkan total download oleh pengguna, bukan dari kemitraan dengan OEM yang menyediakan aplikasi Google Translate secara pre-installed.

Jumlah 1 miliar unduhan itu pun hanya mencakup perangkat Android, belum termasuk yang disumbang oleh platform iOS. Artinya, angka download Google Translate secara keseluruhan kemungkinan lebih besar lagi.

Baca juga: Google Translate Kini Bisa Terjemahkan Percakapan Langsung

Tidak disebutkan apa alasan dibalik tingginya jumlah unduhan Google Translate ini. Namun, seiring meningkatnya penetrasi internet, fitur terjemahan secara langsung seperti Google Translate kini mulai diandalkan banyak orang.

Layanan penerjemah Google Translate diluncurkan oleh Google pada April 2006 lalu. Kemudian pada 2010, Google Translate mulai tersedia dan bisa diunduh lewat toko aplikasi Google Play Store.

Seiring berjalannya waktu, Google Translate terus mengalami perubahan serta menambahkan sederet fitur-fitur baru di dalamnya yang bertujuan untuk mempermudah penggunanya.

Seperti misalnya fitur Live Transcribe yang berguna untuk menerjemahkan percakapan langsung ke dalam format teks.

Sebelumnya, Google Translate sudah bisa mengubah percakapan langsung menjadi teks. Namun, teks tersebut belum diterjemahkan ke bahasa lain, apalagi menerjemahkan kalimat dalam diskusi panjang.

Fitur Live Transcribe sendiri merupakan salah satu fitur Google Translate yang diciptakan untuk membantu pengguna yang memiliki gangguan pendengaran. Selain itu, Google Translate juga sudah bisa bekerja tanpa butuh sambungan internet.

Baca juga: Google Translate Image Kini Dukung Bahasa Jawa dan Sunda

Dengan fitur World Lens, penggunanya kini bahkan tak perlu mengucap atau menuliskan kata-kata, melainkan cukup dengan mengarahkan kamera ponsel ke teks yang ingin diterjemahkan.

Cukup buka aplikasi Google Translate versi terbaru di ponsel Android atau iOS, lalu tekan ikon kamera kemudian arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (7/4/2021), saat ini Google Translate mendukung sekitar 109 bahasa dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com