Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Aplikasi Mobile Teratas di Awal 2021

Kompas.com - 07/04/2021, 07:24 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan riset pasar aplikasi mobile, App Annie, merilis laporan terbaru tentang lanskap aplikasi mobile pada kuartal I-2021.

Di sini ada daftar 10 aplikasi teratas dari platform Android dan iOS yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu aplikasi yang mengumpulkan angka download tertinggi, pengguna terbanyak, dan penghasilan terbesar, selama periode Januari-Maret 2021.

Nama TikTok muncul di ketiga kategori. Media sosial berbasis video pendek ini meraih predikat sebagai aplikasi dengan jumlah unduhan tertinggi, mengalahkan Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Baca juga: Mirip Instagram, TikTok Kini Punya Fitur Tanya Jawab di Live Streaming

Pendatang baru di kategori 10 download tertinggi adalah MX TakaTak yang posisinya ada di urutan ketujuh. MX Takatak merupakan aplikasi semacam TikTok yang mulai populer di India.

Selanjutnya, ada Telegram yang duduk di peringkat keempat dalam daftar unduhan aplikasi terbanyak pada kuartal 2021, menggeser posisi WhatsApp yang berada di urutan kelima.

Sementara itu, Facebook mempertahankan dominasinya sebagai aplikasi dengan jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak sepanjang Januari-Maret 2021.

Daftar 10 aplikasi mobile terpopuler dalam kategori jumlah download, pendapatan, dan pengguna aktif bulanan terbanyak pada kuartal-I 2021 menurut App Annie App Annie Daftar 10 aplikasi mobile terpopuler dalam kategori jumlah download, pendapatan, dan pengguna aktif bulanan terbanyak pada kuartal-I 2021 menurut App Annie

Lima aplikasi tertatas dalam kategori ini posisinya tidak berubah dibanding tahun lalu. Secara berturut-turut, mereka adalah Facebook, WhatsApp, Messenger, Instagram, dan Amazon.

Dalam daftar aplikasi berpenghasilan terbesar dari belanja pengguna, setidaknya ada lima aplikasi streaming video yang masuk dalam daftar tersebut.

Diantaranya adalah YouTube di peringkat pertama, Disney Plus di peringkat empat, Tencent Video di peringkat lima, Twitch di peringkat delapan, dan iQIYI di peringkat sepuluh.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Puasa Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android

Berdasarkan laporan App Annie, jumlah pengeluaran pengguna smartphone dalam belanja aplikasi sepanjang paruh pertama 2021 secara global mencapai 32 miliar Dollar AS (sekitar Rp 463,8 triliun). Angka ini meningkat 40 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

Menurut App Annie, aplikasi mobile banyak diandalkan untuk beragam aktivitas selama pandemi, mulai dari belajar dan bekerja dari rumah, hingga belanja barang-barang kebutuhan.

Selengkapnya, berikut daftar 10 aplikasi mobile teratas dalam tiga kategori dari App Annie, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Social Media Today, Rabu (7/4/2021).

Aplikasi paling banyak diunduh (Januari-Maret 2021)

1. TikTok

2. Facebook

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com