Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes, Segini Kekayaannya

Kompas.com - 08/04/2021, 08:32 WIB
Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos. SHUTTERSTOCK/Lev RadinPendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos.

KOMPAS.com - Majalah Forbes rutin merilis daftar nama miliarder alias orang paling kaya di dunia. Baru-baru ini, Forbes telah merilis Annual World’s Billionaires untuk tahun 2021.

Dalam daftar tersebut, nama pendiri e-commerce Amazon, Jeff Bezos, lagi-lagi dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Ini adalah keempat kalinya Bezos menempati posisi puncak dalam daftar tersebut.

Meski dunia tengah dilanda pandemi yang berdampak besar pada ekonomi, kekayaan Bezos justru mengalami kenaikan. Bezos tercatat memiliki kekayaan bersih mencapai 177 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.550 triliun.

Jumlah ini naik 64 miliar dollar AS (kira-kira RP 922 triliun) bila dibandingkan dengan kekayaan Bezos pada 2020 lalu. Salah satu penyebab kenaikan kekayaan ini ialah karena harga saham Amazon yang melesat naik.

Hanya berselang sehari, pada Rabu (7/4/2021), kekayaan bersih Bezos juga sudah merangkak naik ke angka 188,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.715 triliun), sebagai tertera di situs RealTime Billionaires Forbes.

Baca juga: Dari Beli Museum hingga Tamasya ke Bulan, Begini Cara Jeff Bezos Habiskan Uangnya

Sebagaimana dilaporkan oleh Forbes, kekayaan bersih Bezos ini bersumber dari toko online yang didirikannya, Amazon.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut data macrotrends, nilai kapitalisasi pasar Amazon mencapai lebih dari 1.500 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 21.628 triliun pada Selasa (6/4/2021).

Sejak pertama kali Amazon berdiri, Bezos adalah sosok yang menahkodai perusahaan dari sebuah toko buku online yang kemudian menjadi toko online multinasional.

Namun, pada awal Februari lalu, Bezos mengumumkan akan mundur dari jabatan CEO Amazon yang diembannya pada kuartal ketiga 2021 nanti. Ke depannya, Bezos akan mengisi posisi Ketua Eksekutif Dewan di Amazon.

Sebagai pendiri Amazon, Bezos diketahui memiliki 53,2 juta lembar saham. Jumlah itu juga sudah berkurang, lantaran Bezos memberikan 19,7 juta sahamnya kepada mantan istrinya, MacKenzie Scott, dalam perceraian 2019 silam.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X