Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes, Segini Kekayaannya

Kompas.com - 08/04/2021, 08:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Majalah Forbes rutin merilis daftar nama miliarder alias orang paling kaya di dunia. Baru-baru ini, Forbes telah merilis Annual World’s Billionaires untuk tahun 2021.

Dalam daftar tersebut, nama pendiri e-commerce Amazon, Jeff Bezos, lagi-lagi dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Ini adalah keempat kalinya Bezos menempati posisi puncak dalam daftar tersebut.

Meski dunia tengah dilanda pandemi yang berdampak besar pada ekonomi, kekayaan Bezos justru mengalami kenaikan. Bezos tercatat memiliki kekayaan bersih mencapai 177 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.550 triliun.

Jumlah ini naik 64 miliar dollar AS (kira-kira RP 922 triliun) bila dibandingkan dengan kekayaan Bezos pada 2020 lalu. Salah satu penyebab kenaikan kekayaan ini ialah karena harga saham Amazon yang melesat naik.

Hanya berselang sehari, pada Rabu (7/4/2021), kekayaan bersih Bezos juga sudah merangkak naik ke angka 188,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.715 triliun), sebagai tertera di situs RealTime Billionaires Forbes.

Baca juga: Dari Beli Museum hingga Tamasya ke Bulan, Begini Cara Jeff Bezos Habiskan Uangnya

Sebagaimana dilaporkan oleh Forbes, kekayaan bersih Bezos ini bersumber dari toko online yang didirikannya, Amazon.

Menurut data macrotrends, nilai kapitalisasi pasar Amazon mencapai lebih dari 1.500 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 21.628 triliun pada Selasa (6/4/2021).

Sejak pertama kali Amazon berdiri, Bezos adalah sosok yang menahkodai perusahaan dari sebuah toko buku online yang kemudian menjadi toko online multinasional.

Namun, pada awal Februari lalu, Bezos mengumumkan akan mundur dari jabatan CEO Amazon yang diembannya pada kuartal ketiga 2021 nanti. Ke depannya, Bezos akan mengisi posisi Ketua Eksekutif Dewan di Amazon.

Sebagai pendiri Amazon, Bezos diketahui memiliki 53,2 juta lembar saham. Jumlah itu juga sudah berkurang, lantaran Bezos memberikan 19,7 juta sahamnya kepada mantan istrinya, MacKenzie Scott, dalam perceraian 2019 silam.

Walau tidak disebutkan jumlahnya, Bezos juga dikabarkan telah menjual sahamnya di Amazon untuk berdonasi.

Kendati Amazon merupakan sumber utama kekayaan Bezos, ternyata Bezos juga memiliki 15 perusahaan teknologi lainnya, termasuk Perusahaan roket Blue Origin, Koran The Washington Post, Database program film dan TV IMDb, situs untuk pembaca Goodreads hingga situs live streaming Twitch.

Baca juga: 15 Perusahaan Selain Amazon yang Dimiliki Jeff Bezos

Daftar 10 orang paling kaya di dunia

Dalam daftar Annual World’s Billionaires 2021, Forbes mencatat ada 2.755 miliarder dari seluruh belahan dunia. Jumlah ini merupakan rekor baru dalam sejarah Forbes.

Jika diakumulasikan, kekayaan gabungan orang-orang yang termasuk dalam daftar Annual World’s Billionaires 2021 ini mencapai 13,1 triliun dollar AS.

Jumlah ini naik 8 triliun dollar AS bila dibandingkan dengan kekayaan gabungan orang dalam daftar Annual World’s Billionaires 2020.

"Yang sangat kaya menjadi sangat, sangat kaya," kata Randall Lane, Chief Content Officer Forbes.

Selain Bezos, ada pula nama-nama orang terkaya lainnya yang sudah akrab di telinga, seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffet, dan lainnya.

Selengkapnya, berikut 10 daftar orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Forbes, Kamis (8/4/2021)

1. Jeff Bezos, Amazon - 177 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.550 triliun)
2. Elon Musk, Tesla dan SpaceX - 151 miliar dollar AS (sekitar Rp2.175 triliun) 
3. Bernard Arnault, barang mewah LVMH - 150 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.160 triliun)
4. Bill Gates, Microsoft - 124 miliar dollar AS (sekitar Rp1.786 triliun)
5. Mark Zuckerberg, Facebook - 97 miliar dollar AS (sekitar Rp1.397 triliun)
6. Warren Buffet, Berkhsire Hathaway - 96 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.382 triliun)
7. Larry Ellison, Software - 93 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.339 triliun)
8. Larry Page, Google - 91,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.318 triliun)
9. Sergey Brin, Google - 89 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.282 triliun)
10. Mukesh Ambani - 84,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.217 triliun)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com