Nasib Kartu Grafis Baru, Langka dan Jarang Dipakai Gamer

Kompas.com - 08/04/2021, 09:05 WIB
Ilustrasi Nvidia GeForce RTX 3060 Ti. NvidiaIlustrasi Nvidia GeForce RTX 3060 Ti.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Jajaran kartu grafis dengan chip GPU teranyar macam seri Nvidia GeForce RTX 3000 dan AMD Radeon RX 6000 merupakan idaman gamer PC. Selain kaya fitur, aneka GPU baru tersebut juga jauh lebih bertenaga dibanding generasi sebelumnya.

Akan tetapi, populasi mereka di kalangan gamer justru sangat sedikit dan kalah jauh dari GPU lawas yang umurnya lebih tua. Hal itu tercermin di hasil survei oleh platform distribusi game PC, Steam, untuk Maret 2021.

Baca juga: GPU Nvidia GeForce RTX 3000 Dipastikan Gaib sampai 2021

Survei bertajuk "Steam Hardware & Software Survey" itu mengungkap bahwa hanya ada 1,29 persen gamer PC yang menggunakan salah satu model GPU dari seri GeForce RTX 3000, yakni RTX 3070. 

Angka itu jauh di bawah GeForce GTX 1060 yang duduk di urutan pertama karena digunakan oleh hampir 10 persen gamer dalam survei. Padahal, GPU ini merupakan model lawas yang pertama kali dirilis pada 2016.

Daftar kartu grafis yang dipakai oleh sebagian pengguna Steam.Steam Daftar kartu grafis yang dipakai oleh sebagian pengguna Steam.

Populasi model lainnya dari lini GeForce RTX 3000 lebih menyedihkan. GeForce RTX 3080 yang sudah dirilis sejak September 2020 mandek di bawah 1 persen. Sementara, gamer yang menggunakan GeForce RTX 3060 Ti persentasenya kurang dari 0,5 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kartu grafis andalan baru AMD dari lini Radeon RX 6000 bahkan tidak ada di daftar. GPU Radeon yang paling banyak dipakai gamer dalam survei Steam adalah Radeon RX 580 (2,13 persen) yang sudah beredar sejak 2017.

GPU baru langka dan harganya selangit

Survei Steam ini tampaknya bisa menjadi gambaran atas fenonema kelangkaan GPU yang terjadi belakangan ini, di mana gamer masih setia, atau bisa dibilang "terjebak" dengan GPU lama mereka.

Baca juga: Harga Smartphone Naik dan Laptop Langka, Ini Biang Keladinya

Secara umum memang sedang terjadi kelangkaan chip semikonduktor secara global. Pasokan chip yang terseok karena pandemi tak sanggup mengimbangi besarnya angka permintaan.

Untuk kartu grafis, masalahnya diperparah oleh demam crypto mining yang menyebabkan para penambang kripto kerap kali memborong GPU terbaru. Para gamer pun gigit jari karena tak kebagian jatah.

Baca juga: Setelah Kartu Grafis, Giliran Laptop Gaming Diborong Penambang Kripto

Ilustrasi komponen GPU yang sulit didapat.BBC Ilustrasi komponen GPU yang sulit didapat.

Segelintir GPU yang masih tersisa di pasaran pun dibanderol dengan harga tidak masuk akal karena kelangkaannya. Bisa dibilang tak ada GPU baru yang dijual sesuai dengan harga ritel eceran yang ditetapkan oleh vendor pembuatnya.

Baca juga: Kartu Grafis AMD Radeon RX 6700 XT Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harganya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X