Signal Catat Pertumbuhan Tertinggi Setelah WhatsApp Ubah Kebijakan

Kompas.com - 08/04/2021, 12:09 WIB
Ilustrasi aplikasi perpesanan Signal bbc.comIlustrasi aplikasi perpesanan Signal
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Lembaga riset aplikasi App Annie merilis daftar aplikasi teratas dalam beberapa kategori untuk kuartal-I 2021. Salah satu hal yang menarik adalah aplikasi Signal yang bertengger di puncak kategori jumlah pengguna untuk "Top Breakout Apps".

Artinya, dari sekian banyak aplikasi yang ada, Signal mencatat pertumbuhan jumlah pengguna tertinggi (monthly active user) selama kuartal-I 2021 dibandingkan kuartal-IV 2020 (Quarter-on-Quarter).

Baca juga: Pertama Kali Pakai Telegram atau Signal, Ini Cara Setting yang Wajib Diketahui

Dihimpun KompasTekno dari Social Media Today, Kamis (8/4/2021), lonjakan pertumbuhan pengguna Signal terjadi setelah WhatsApp mengumumkan perubahan kebijakan privasinya pada awal tahun ini yang memicu kontroversi dan kekhawatiran pengguna.

Hal tersebut memang memicu sebagian pengguna WhatsApp berbondong-bondong pindah ke layanan chatting alternatif seperti Signal, juga Telegram yang ikut nangkring di urutan kedua daftar aplikasi dengan pertumbuhan pengguna tertinggi dari App Annie.

Daftar 10 aplikasi dalam kategori Top Breakout Apps Worlwide Kuartal I-2021 yang dirilis oleh firma riset App AnnieSocial Media Today Daftar 10 aplikasi dalam kategori Top Breakout Apps Worlwide Kuartal I-2021 yang dirilis oleh firma riset App Annie


Apalagi, para pesaing WhatsApp itu turut dipromosikan oleh sejumlah tokoh, seperti whistleblower Edward Snowden dan Elon Musk yang menganjurkan pengguna beralih ke Signal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari pantauan KompasTekno, aplikasi Signal yang didirikan oleh pendiri WhatsApp Brian Acton ini sudah mencatat angka unduhan sebanyak lebih dari 50 juta di Google Play Store. Sementara, Telegram yang sudah lebih dulu ada memiliki jumlah download lebih dari 500 juta.

Hingga akhir Januari lalu, Signal diketahui memiliki sekitar 40 juta pengguna aktif bulanan. Salah satunya belakangan diketahui adalah Mark Zuckerberg, bos Facebook yang sekaligus pemilik WhatsApp.

Baca juga: Zuckerberg Sebagai Pemilik WhatsApp Ketahuan Pakai Aplikasi Chat Signal

Meski jumlah penggunanya meroket karena dipicu perubahan kebijakan privasi WhatsApp, masih belum jelas apakah Signal bakal terus mengumpulkan pengguna dalam jumlah besar di masa mendatang.

Aplikasi ini pun agaknya belum akan mengancam dominasi WhatsApp dalam waktu dekat. Sebab, jumlah pengguna WhatsApp masih jauh lebih banyak, mencapai lebih dari 2 miliar di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.