Cara Mengetahui Nomor Telepon Tak Dikenal, Ini 5 Aplikasinya untuk Android dan iPhone

Kompas.com - 08/04/2021, 16:14 WIB
Ilustrasi aplikasi Truecaller TruecallerIlustrasi aplikasi Truecaller

KOMPAS.com - Mendapat panggilan telepon dari nomor tak dikenal terkadang cukup mengganggu. Bukan tidak mungkin, nomor tersebut memiliki tujuan tidak baik, seperti penipuan atau spam.

Namun, ada cara untuk mendeteksi apakah nomor tersebut benar-benar milik seseorang atau lembaga resmi atau hanya nomor iseng dan punya tujuan berbahaya lain seperti penipuan.

Berikut lima aplikasi Android dan iOS yang bisa digunakan untuk melihat identitas dari panggilan telepon yang nomornya tidak terdaftar di phonebook kita.

1. Truecaller

Aplikasi Pelacak Nomor TrucallerTruecaller Aplikasi Pelacak Nomor Trucaller

Aplikasi pelacak nomor asal Swedia ini adalah salah satu yang cukup populer digunakan. Pengguna aktifnya kini diklaim mencapai lebih dari 200 juta.

Truecaller akan mengidentifikasi nomor tidak dikenal yang masuk ke ponsel pengguna. Apabila nomor yang menghubungi teridentifikasi sebagai nomor spam, Truecaller akan menampilkan nuansa merah yang mengindikasikan nomor tersebut kemungkinan berbahaya.

Pengguna juga bisa mencari tahu siapa pemilik nomor yang akan diidentifikasi dari database Truecaller.

Database dihimpun dengan cara crowdsourcing (urun daya), artinya data nomor telepon dari pengguna terdahulu yang bersedia dibagikan, dijadikan sebagai database besar untuk digunakan oleh seluruh pengguna aplikasi.

Baca juga: Truecaller: Telepon Spam di Indonesia Terbanyak di Asia

Aplikasi ini menawarkan layanan berbayar maupun tidak. Tentu saja, pengguna yang berlangananan akan mendapat lebih banyak fitur, termasuk tidak ada iklan, melihat siapa yang mengintip akun, lencana premium, perekaman panggilan, dan mode incognito.

Aplikasi Truecaller bisa diunduh baik di Google Play Store untuk ponsel Android maupun Apple App Store untuk iPhone.

2. Get Contact

Aplikasi Pelacak Nomor Get ContactGet Contact Aplikasi Pelacak Nomor Get Contact

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X