Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Fitur "Juara" Kamera Vivo X60 dan X60 Pro

Kompas.com - 09/04/2021, 13:03 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo X60 Series resmi diboyong ke Indonesia dalam sebuah acara peluncuran yang disiarkan langsung secara online, Kamis (8/4/2021) malam.

Di Tanah Air, seri ponsel anyar ini hadir dalam dua model, yaitu Vivo X60 dan X60 Pro. Keduanya memiliki fitur unggulan di aspek fotografi, di mana seluruh kamera belakangnya dirancang lewat kerja sama dengan pabrikan lensa kenamaan asal Jerman, Zeiss.

Vivo X60 dibekali dengan tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama "Big Eye Camera" 48 MP (f/1.79, OIS), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2, 2,5 cm Super Macro), dan kamera portrait 13 MP (f/2.46, 2x optical zoom).

Vivo X60 Pro sendiri dibekali dengan konfigurasi kamera yang nyaris identik dengan X60 reguler. Bedanya, kamera utama Vivo X60 Pro lebih baik dengan aperture f/1.48 yang diklaim bisa menyerap cahaya 16,8 persen lebih banyak.

Selain itu, Vivo X60 Pro punya teknologi penstabil gambar Gimbal Stabilization 2.0 yang tidak ada di X60 reguler.

Meski demikian, seluruh kamera belakang pada kedua ponsel tersebut turut dibekali dengan Zeiss Optics untuk menghasilkan gambar dengan detail dan warna natural khas lensa Zeiss.

Nah, deretan kamera bekalang Vivo X60 Series juga dibekali dengan berbagai fitur fotografi mumpuni, salah satunya adalah Zeiss Biotar Portrait Style. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh berputar yang ikonik.

Selain itu, ada banyak fitur kamera lainnya yang terbilang cukup menarik untuk ponsel dengan harga Rp 8 juta (Vivo X60) dan Rp 10 juta (Vivo X60 Pro) ini. Apa saja?

Gimbal Stabilization 2.0

Ilustrasi Gimbal Stabilization 2.0.Vivo Indonesia Ilustrasi Gimbal Stabilization 2.0.

Sebagai model teratas, Vivo X60 Pro tentunya dibekali dengan fitur fotografi yang lebih canggih dibanding X60 "reguler", salah satunya adalah kehadiran teknologi penstabil gambar Gimbal Stabilization 2.0.

Gimbal Stabilization sendiri sempat diperkenalkan di Vivo Apex 2020 dan X50 Series. Nah, di Vivo X60 Series, teknologi tersebut ditingkatkan dan diklaim mampu membuat kamera tetap stabil meski mengalami guncangan ekstrim saat pengambilan gambar.

Baca juga: Tidak Punya Tombol dan Colokan, Bagaimana Cara Pakai Ponsel Vivo Apex?

Hal dimungkinkan karena kamera utama Vivo X60 Pro bisa menggerakkan lensa kamera ke posisi berlawanan dengan arah goyangan pada lima sumbu gerak (axis), alih-alih empat. Vivo menyebut sistem kerja penstabil gambar ini dengan "VIS 5-Axis Stabilization".

"Gimbal Stabilization memungkinkan 'Big Eye Camera' dapat berputar fleksibel untuk mengimbangi guncangan, sehingga mencapai 100 persen stabilisasi bingkai dan gambar lebih stabil," ujar Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala dalam acara peluncuran Vivo X60 Series yang digelar secara online malam tadi.

Ada pula teknologi Pixel Shift Ultra HD Imaging yang berfungsi untuk menghasilkan foto dengan tingkat detil lebih maksimal.

"Pixel Shift Ultra HD Imaging dapat membuat gimbal bergerak untuk mengumpulkan informasi pixel. Setelah itu, AI akan menggabungkannya untuk menciptakan gambar dengan detail yang tajam," imbuh Hadie.

Baca juga: Vivo X60 dan X60 Pro Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Harganya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com