Vivo X60 dan X60 Pro Punya Fitur "Pinjam Memori"

Kompas.com - 11/04/2021, 14:15 WIB
Vivo X60 Series meluncur di Indonesia, Kamis (8/4/2021). suwanditanhaVivo X60 Series meluncur di Indonesia, Kamis (8/4/2021).
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Vivo X60 dan X60 Pro resmi diboyong ke Indonesia dalam sebuah acara peluncuran yang disiarkan secara online pada8 April 2021 lalu.

Selain fitur fotografi hasil kolaborasi Zeiss yang diklaim mumpuni, kedua ponsel tersebut juga dibekali dengan sejumlah fitur menarik untuk meningkatkan performanya ketika sedang dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Dua Fitur Juara Kamera Vivo X60 dan X60 Pro

Salah satu yang paling menarik, dan juga baru, adalah fitur Extended RAM. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sistem "meminjam" memori (sebesar 3 GB) dari media penyimpanan ponsel untuk menambah kapasitas RAM.

Pada Vivo X60 yang dibekali dengan RAM 8 GB, misalnya, kapasitas tersebut secara teori bisa diperluas hingga 11 GB. Sedangkan di Vivo X60 Pro, kapasitas RAM bisa diperluas hingga 15 GB, dari awalnya 12 GB.

Ilustrasi fitur Extended RAM.Vivo Indonesia Ilustrasi fitur Extended RAM.
Meski demikian, fitur ini akan bekerja secara otomatis dan pengguna tidak bisa mengaturnya secara manual. Sebab, fitur Extended RAM hanya akan aktif ketika Vivo X60/X60 Pro mendeteksi adanya kegiatan multitasking yang rakus resource.

"Ketika pengguna membuka banyak aplikasi besar, ponsel otomatis akan mengidentifikasi hal itu dan mengalokasikan (sejumlah) resource ke memori internal ponsel tersebut," jelas Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala di panggung peluncuran.

Dengan adanya RAM tambahan ini, Vivo mengklaim pengguna bisa membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa harus menutupnya.

"Proses Extended RAM ini dapat membantu pengguna untuk membuka hingga 25 aplikasi sekaligus secara instan dan membuat semuanya tetap aktif dan berjalan sempurna tanpa adanya lag," imbuh Hadie.

Adapun fitur Extended RAM ini didukung oleh chipset Snapdragon 870 yang sudah disematkan di Vivo X60 dan X60 Pro.

Baca juga: Vivo X60 Series Jadi Ponsel Snapdragon 870 5G Pertama di Indonesia

Hadie mengklaim SoC ini memiliki peningkatan performa prosesor (CPU) dan pengolah grafis (GPU) 10 persen dibanding pendahulunya, yaitu Snapdragon 865.

Selain fitur Extended RAM, Vivo X60 Series juga punya fitur NFC Multifunctions yang bisa digunakan untuk mengisi atau mengecek saldo uang elektronik dan menyulap ponsel menjadi kartu akses pintu otomatis.

Baca juga: Vivo X60 dan X60 Pro Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Harganya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X