Iklan Digital Tetap Tumbuh Selama Pandemi, Bahkan Pecahkan Rekor 20 Tahun

Kompas.com - 12/04/2021, 08:35 WIB
Dukung pelaku UMKM, Telkomsel dan Gojek integrasikan layanan iklan digital TelkomselDukung pelaku UMKM, Telkomsel dan Gojek integrasikan layanan iklan digital

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang merebak di dunia selama setahun belakangan ini sangat berdampak besar pada ekonomi dunia. Sejumlah sektor industri pun tak ayal kewalahan, bahkan sebagian terpaksa gulung tikar.

Namun, pandemi agaknya tidak terlalu memengaruhi bisnis iklan digital, setidaknya untuk wilayah Amerika Serikat. Hal ini terlihat dari laporan terbaru soal belanja iklan digital yang dirilis oleh agensi iklan Interactive Advertising Bureau (IAB).

Dalam laporan IAB, belanja iklan digital sepanjang tahun 2020 dilaporkan mengalami pertumbuhan 12,2 persen secara year-over-year (YoY).

Sepanjang 2020, total belanja iklan digital di Amerika Serikat (AS) tercatat mencapai 139,8 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 2.030 triliun.

Kendati mengalami pertumbuhan, pendapatan dari belanja iklan digital diketahui sempat merugi pada kuartal I-2020 karena adanya pandemi.

Baru pada paruh kedua 2020, pendapatan belanja iklan digital di AS terdongkrak berkat belanja iklan politik dan penjualan musim liburan.

Belanja iklan digital di AS juga terus tumbuh di kuartal ketiga dan keempat 2020. Secara YoY, kuartal ketiga dan keempat mengalami pertumbuhan, bertuturt-turut 11,7 persen dan 28,7 persen.

Khusus untuk kuartal IV-2020, pertumbuhan 28,7 persen tersebut menjadi rekor tertinggi untuk pendapatan dari iklan digital dalam lebih dari 20 tahun.

Baca juga: 5 Tren Teknologi yang Booming Selama Pandemi Covid-19

Di samping iklan politik, IAB melihat, lonjakan pada sektor TV streaming (connected TV) dan belanja online di e-commerce juga membantu bisnis iklan digital AS tumbuh sepanjang 2020.

Peraup belanja iklan digital

IAB dalam laporannya juga mencatat bahwa pangsar pasar iklan digital tahun 2020 masih didominasi oleh sejumlah pemain besar, termasuk Facebook, Google, dan Amazon.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X