Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Ini Bikin Nintendo Switch Raksasa Pakai Layar TV

Kompas.com - 12/04/2021, 11:59 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Nintendo Switch merupakan konsol game portabel yang didesain dengan ukuran compact dan bobot ringan. Nintendo Switch memang dirancang agar pemiliknya bisa membawa dan memainkan konsol genggam ini di berbagai tempat.

Namun, seorang YouTuber bernama Michael Pick justru membuat Nintendo Switch berukuran besar, bahkan raksasa.

YouTuber dengan total 4.800 subscriber ini berhasil merakit sebuah konsol Nintendo Switch raksasa berukuran 177,8 cm x 76,2 cm dengan bobot mencapai 29,4 kg.

Sebagai perbandingan, Nintendo Switch reguler hanya memiliki ukuran 23 cm x 10 cm dengan bobot berkisar 400 gram. Nintendo Switch raksasa itu pun ia pamerkan dalam sebuah video di kanal YouTube-nya.

Baca juga: Kaset Game Super Mario Bros Ini Terjual Seharga Lebih dari Rp 9 Miliar

Melalui sebuah video berdurasi 4 menit 28 detik, Pick menjelaskan proses pembuatan konsol Nintendo Switch raksasa ini. Uniknya, Pick menggunakan sebuah televisi LED 4K sebagai layar konsol.

Televisi tersebut kemudian ia bingkai menggunakan cangkang yang terbuat dari kayu. Tak lupa, Pick turut menyambungkan televisi dengan sebuah Nintendo Switch.

Sementara untuk bagian joycon, Pick menggunakan tombol yang dicetak secara tiga dimensi (3D).

Dengan bantuan motor servo yang terhubung pada kedua joycon, Pick membuat joycon Nintendo Switch raksasa tersebut berfungsi seperti biasa.

Meski demikian, replika konsol raksasa ini masih memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya adalah pengguna tidak dapat mengoperasikan konsol ini melalui layar sentuh. Selain itu, bagian joycon tidak dapat dilepas karena sudah terhubung secara permanen dengan layar.

Baca juga: Sindikat Penjual Cheat Video Game Terbesar di Dunia Diringkus Polisi

Pick turut menjelaskan bahwa ide pembuatan konsol raksasa bermula dari kecintaannya terhadap Nintendo Switch.

"Saya sangat suka Nintendo Switch. Bentuknya kecil dan dapat dibawa ke mana saja, namun, sangat mudah hilang dan itu menjadi masalah bagi saya. Maka dari itu, saya memutuskan untuk membuat (Nintendo Switch) yang lebih besar," ujar Pick.

Usaha yang dilakukan Pick juga punya tujuan yang mulia.

Alih-alih menyimpan untuk dirinya sendiri, Pick memutuskan untuk menyumbangkan konsol Nintendo Switch raksasa rakitannya tersebut kepada Rumah Sakit Anak St. Jude yang berlokasi di Amerika Serikat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (12/4/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com