1,3 Juta Data Pengguna Clubhouse Dilaporkan Bocor, Ini Kata CEO Clubhouse

Kompas.com - 12/04/2021, 14:16 WIB
ilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse Global Timesilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse

KOMPAScom - Belakangan, kabar bocornya data pengguna media sosial marak terdengar. Setelah Facebook dan LinkedIn, kali ini giliran jutaan data pengguna aplikasi Clubhouse dilaporkan bocor.

Menurut laporan Cybernews ada sebanyak 1,3 juta data pengguna Clubhouse terpapar di internet. Laporan ini juga mengabarkan kasus bocornya data pengguna Facebook dan LinkedIn yang terjadi sebelumnya.

Adapun data yang diumbar mencakup nama, ID pengguna, handle Twitter dan Instagram, jumlah pengikut, waktu pembuatan akun, dan foto.

Baca juga: Data 533 Juta Pengguna Facebook Bocor, Termasuk Indonesia

Data-data tersebut merupakan data publik yang memang bisa dilihat secara terbuka oleh pengikut (followers) di akun pengguna. Tidak ada catatan data sensitif seperti informasi kesehatan, informasi keuangan, atau lokasi pengguna yang terekspos.

Jika diamati, jenis data yang diklaim bocor hampir mirip dengan data pengguna Facebook dan LinkedIn yang dilaporkan dijual di internet.

Kabar ini lantas dibantah oleh CEO Clubhouse, Paul Davidson dalam sebuah acara Town Hall Meeting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak (ada kebocoran data), (kabar) ini menyesatkan dan keliru, artikel ini clickbait, kita tidak diretas," kata Davidson, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (12/4/2021).

Menurut Davidson, semua data yang dilaporkan bocor bukanlah data rahasia yang sensitif, melainkan data publik yang memang terpampang di profil pengguna Clubhouse.

Data tersebut sejatinya bisa dilihat oleh para pengguna.

Sebelumnya, Microsoft selaku induk LinkedIn juga menepis dugaan adanya kebocoran data pengguna LinkedIn. Microsoft mengatakan tidak ada informasi pribadi yang bocor dan dijual di forum peretas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X