Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zyrex Rilis 2 Laptop Chromebook Baru di Indonesia, Bisa untuk Belajar Online

Kompas.com - 12/04/2021, 17:04 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen perangkat komputer lokal, Zyrex, resmi meluncurkan dua lini laptop chromebook terbarunya, yakni Zyrex Chromebook M432 dan Zyrex Chromebook 360.

Direktur Utama Zyrexindo Mandiri Buana, Timothy Siddik mengatakan bahwa kedua perangkat chromebook ini hadir sebagai upaya Zyrex dalam mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa-siswi di Indonesia.

"Zyrex resmi memperkenalkan Google Chromebook untuk siswa-siswi Indonesia dengan tipe Zyrex Chromebook M432 dan Zyrex Chromebook 360", ujar Timothy dalam acara peluncuran yang di siarkan secara online, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Google Luncurkan Pixelbook Go, Laptop Chromebook Murah

Kedua laptop ini ditargetkan untuk pengguna pelajar maupun kantoran yang masih belajar atau bekerja dari rumah.

Direktur Utama Zyrexindo Mandiri Buana, Timothy Siddik dalam acara peluncuran Zyrex Chromebook M432 dan Zyrex Chromebook 360.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Direktur Utama Zyrexindo Mandiri Buana, Timothy Siddik dalam acara peluncuran Zyrex Chromebook M432 dan Zyrex Chromebook 360.

Zyrex Chromebook 360

Perangkat ini memiliki layar 11,6 inci resolusi HD, dilengkapi dengan fitur layar sentuh (touchscreen). Sesuai dengan namanya, Zyrex Chromebook 360 memiliki layar yang bisa diputar 360 derajat untuk mempermudah video call atau presentasi.

Untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan rapat online, Zyrex turut membekali perangkat ini dengan satu buah kamera webcam.

Dari segi hardware, Zyrex Chromebook 360 dibekali prosesor Intel N4020 (Dual Core Maks 2,8 GHz, Cache 4MB). Kapasitas RAM yang terpasang sebesar RAM 4 GB DDR4, grafis Intel UHD Graphic 600, dengan media penyimpanan memori flash eMMC kapasitas 32 GB.

Baca juga: Laptop Chromebook Acer Kok Tidak Dijual Bebas di Indonesia?

Perangkat ini telah menjalankan sistem operasi Chrome OS Support Chrome Device Management dengan konektivitas mencakup Wireless LAN a/b/g/n.

Zyrex Chromebook M432

Selain itu, Zyrex turut memperkenalkan Zyrex Chromebook M432. Serupa dengan Zyrex Chromebook 360, produk ini juga memiliki layar beresolusi HD seluas 11,6 inci.

Meski demikian, layar Chromebook M432 belum mendukung fitur touchscreen dan tidak dapat diputar 360 derajat.

Zyrex Chromebook M432 dilengkapi dengan prosesor Intel N4020 (dual core Maks 2,8 GHz, Cache 4MB) dengan RAM 4GB DDR4, Grafis Intel UHD Graphic 600, dan penyimpanan eMMC kapasitas 32 GB.

Spesifikasi lain dari Zyrex Chromebook M432 mencakup webcam, wireless LAN a/b/gn, dan telah menjalankan Chrome OS dan dukungan Chrome Device Management.

Baca juga: Google Dituding Diam-diam Lacak Pengguna lewat Mode Incognito Chrome

Harga dan ketersediaan

Zyrex mematok harga Chromebook 360 dengan banderol Rp 8 juta, sementara harga Zyrex Chromebook M432 adalah Rp 6,5 juta. Kedua model ini akan mulai tersedia di Indonesia mulai Juni 2021.

Baik Zyrex Chromebook M432 dan Chromebook 360 sudah dilengkapi dengan fitur Chrome Device Management, untuk mengatur berbagai perangkat Chrome dari satu tempat, dan jaminan update otomatis dari Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com