Ada Larangan Mudik, Telkomsel Optimalkan Jaringan di Lokasi-lokasi Ini

Kompas.com - 12/04/2021, 17:42 WIB
Menara BTS Telkomsel. Dok. TelkomselMenara BTS Telkomsel.

KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, operator seluler Telkomsel mengoptimasi jaringan untuk mengantisipai lonjakan trafik menjelang momen Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI).

Tahun ini, optimasi dan pemantauan jaringan di momen RAFI 2021 masih terpusat di area pemukiman. Hal ini tak lain disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang masih belum terkontrol, begitu juga larangan mudik oleh pemerintah.

"Di tahun ini, kami telah menyiapkan 554 POI (point of interest), sebagian besar dari POI ini adalah di area residensial," ungkap Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam konferensi pers persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021 yang digelar secara virtual, Senin (12/4/2020).

Baca juga: Cara Cek Kuota Internet Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Smartfren

Dari 554 POI yang tersebar di seluruh Indonesia, 225 POI sendiri merupakan area residensial, sementara sisanya merupakan area yang diprediksi akan menjadi titik yang ramai disambangi pelanggan.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam konferensi pers persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021 yang digelar secara virtual, Senin (12/4/2020)Telkomsel Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam konferensi pers persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021 yang digelar secara virtual, Senin (12/4/2020)

Beberapa di antaranya mencakup pusat perbelanjaan dan kawasan liburan (196 POI), area transportasi umum (43 POI), jalur logistik (32 POI), rumah sakit rujukan dan darurat Covid-19 (21 POI), dan rumah ibadah yang tergolong sebagai masjid besar (7 POI). 

Selain mengoptimasi titik yang diprediksi ramai pengunjung, Telkomsel juga mempersiapkan sejumlah infrastruktur dan meningkatkan kapasitas agar bisa dipakai dengan baik oleh pelanggan di momen RAFI 2021.

"Pada RAFI 2021 ini, kami sudah menyediakan coverage dan kapasitas jaringan yang lebih baik dibanding kondisi normal atau RAFI 2020," klaim Nugroho.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Puasa Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android

Adapun persiapan infrastruktur ini mencakup menyiapkan sekitar 236.000 unit base transceiver tower (BTS) dan 63 unit compact mobile BTS (COMBAT) 3G dan 4G di seluruh Indonesia, serta meningkatkan kapasitas internet menjadi 8,07 Tbps.

Di samping berbagai hal tadi, Nugroho juga memastikan bahwa pihaknya akan terus memantau kualitas jaringan Telkomsel selama 24 jam penuh ketika momen RAFI 2021 berlangsung, supaya pelanggan bisa terus menggunakannya dengan normal. 

"Ketika RAFI 2021 tiba, seluruh layanan, fungsi sistem, dan teknologi yang sudah kami gelar tentunya perlu kami pantau selama 24 jam oleh karyawan dan mitra kami," pungkas Nugroho.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X