Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Larangan Mudik, Telkomsel Optimalkan Jaringan di Lokasi-lokasi Ini

Kompas.com - 12/04/2021, 17:42 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, operator seluler Telkomsel mengoptimasi jaringan untuk mengantisipai lonjakan trafik menjelang momen Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI).

Tahun ini, optimasi dan pemantauan jaringan di momen RAFI 2021 masih terpusat di area pemukiman. Hal ini tak lain disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang masih belum terkontrol, begitu juga larangan mudik oleh pemerintah.

"Di tahun ini, kami telah menyiapkan 554 POI (point of interest), sebagian besar dari POI ini adalah di area residensial," ungkap Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam konferensi pers persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021 yang digelar secara virtual, Senin (12/4/2020).

Baca juga: Cara Cek Kuota Internet Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Smartfren

Dari 554 POI yang tersebar di seluruh Indonesia, 225 POI sendiri merupakan area residensial, sementara sisanya merupakan area yang diprediksi akan menjadi titik yang ramai disambangi pelanggan.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam konferensi pers persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021 yang digelar secara virtual, Senin (12/4/2020)Telkomsel Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam konferensi pers persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021 yang digelar secara virtual, Senin (12/4/2020)

Beberapa di antaranya mencakup pusat perbelanjaan dan kawasan liburan (196 POI), area transportasi umum (43 POI), jalur logistik (32 POI), rumah sakit rujukan dan darurat Covid-19 (21 POI), dan rumah ibadah yang tergolong sebagai masjid besar (7 POI). 

Selain mengoptimasi titik yang diprediksi ramai pengunjung, Telkomsel juga mempersiapkan sejumlah infrastruktur dan meningkatkan kapasitas agar bisa dipakai dengan baik oleh pelanggan di momen RAFI 2021.

"Pada RAFI 2021 ini, kami sudah menyediakan coverage dan kapasitas jaringan yang lebih baik dibanding kondisi normal atau RAFI 2020," klaim Nugroho.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Puasa Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android

Adapun persiapan infrastruktur ini mencakup menyiapkan sekitar 236.000 unit base transceiver tower (BTS) dan 63 unit compact mobile BTS (COMBAT) 3G dan 4G di seluruh Indonesia, serta meningkatkan kapasitas internet menjadi 8,07 Tbps.

Di samping berbagai hal tadi, Nugroho juga memastikan bahwa pihaknya akan terus memantau kualitas jaringan Telkomsel selama 24 jam penuh ketika momen RAFI 2021 berlangsung, supaya pelanggan bisa terus menggunakannya dengan normal. 

"Ketika RAFI 2021 tiba, seluruh layanan, fungsi sistem, dan teknologi yang sudah kami gelar tentunya perlu kami pantau selama 24 jam oleh karyawan dan mitra kami," pungkas Nugroho.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com