Pasca-topan Seroja, Jaringan Telkomsel di NTT Berangsur Pulih

Kompas.com - 12/04/2021, 19:42 WIB
Ilustrasi TelkomselIlustrasi

KOMPAS.com - Bencana banjir bandang serta tanah longsor akibat siklon tropis Seroja yang melanda sejumlah wilayah di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), turut merusak infrastruktur jaringan yang dimiliki oleh Telkomsel.

Kini, Executive Vice President East Area Sales Telkomsel, Andri Wibawanto mengonfirmasi bahwa kondisi jaringan operator seluler "pelat merah" di NTT berangsur pulih.

"Kondisi network kami di sana sudah pulih sekitar 64 persen, jadi masih ada 36 persen yang masih menjadi PR Telkomsel," kata Andri kepada KompasTekno di konferensi pers virtual Telkomsel jelang RAFI 2021, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Telkomsel Gratiskan Telepon dan SMS bagi Korban Banjir NTT

Menurut Andri, sulitnya akses jaringan Telkomsel di wilayah NTT disebabkan oleh ketersediaan listrik yang belum merata. Sehingga, pihaknya saat ini sudah menyediakan ratusan unit genset demi menjaga jaringan tetap menyala.

Executive Vice President East Area Sales Telkomsel, Andri Wibawanto  dalam konferensi pers virtual Telkomsel jelang RAFI 2021, Senin (12/4/2021).KOMPAS.com/Bill Clinten Executive Vice President East Area Sales Telkomsel, Andri Wibawanto dalam konferensi pers virtual Telkomsel jelang RAFI 2021, Senin (12/4/2021).

"Kendala utama di NTT adalah listrik dari PLN, sehingga kami harus menyiapkan sekitar 120 unit mobile backup power untuk menjaga jaringan," imbuh Andri.

Kendati sudah normal lebih dari setengahnya, Andri menyampaikan bahwa pemulihan jaringan di NTT kemungkinan akan memakan waktu yang tidak sebentar. Sebab, ada beberapa base transceiver station (BTS) yang roboh akibat bencana alam tadi.

"Yang agak berat itu ada sekitar 6 BTS yang roboh di NTT dan itu membutuhkan waktu untuk pemulihannya," jelas Andri.

Baca juga: Ada Larangan Mudik, Telkomsel Optimalkan Jaringan di Lokasi-lokasi Ini

Andri tidak menyebutkan kapan perbaikan jaringan di wilayah NTT ini akan rampung sepenuhnya. Yang jelas, ia mengatakan pihaknya turut memberikan aneka layanan khusus dan bantuan bagi para pelanggan Telkomsel yang terdampak bencana di sana.

Hadirkan berbagai layanan khusus

Salah satu layanan yang dimaksud adalah menghadirkan paket khusus bebas telepon kepada seluruh pelanggan di wilayah terdampak.

Selain itu, Telkomsel turut mengerahkan tim unit siaga bernama tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) yang bekerja sama dengan tim BNPB.

Tim gabungan ini berfokus untuk mempercepat proses berjalannya evakuasi serta membantu menyediakan posko bantuan bagi para korban yang terdampak.

Adapun beberapa posko bantuan yang telah berhasil didirikan berlokasi di Kantor Walikota Kupang, Kantor BPBD Kupang dan Gereja Bethel Oespa.

Telkomsel juga turut menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan berupa paket sembako makanan siap saji perlengkapan kebutuhan bayi dan perlengkapan protokol Kesehatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X