Pengguna WhatsApp Bisa Bikin Katalog Jualan Lewat Web dan Desktop, Begini Caranya

Kompas.com - 14/04/2021, 14:03 WIB
Ilustrasi WhatsApp Business. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi WhatsApp Business.

KOMPAS.com - Layanan pesan instan WhatsApp mengumumkan sejumlah fitur baru untuk pengguna akun WhatsApp Business. Fitur baru tersebut meliputi dukungan untuk mengelola produk jualan lewat WhatsApp web dan desktop.

WhatsApp mengatakan, dukungan pengelolaan katalog produk lewat WhatsApp web dan desktop ini akan memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis, khususnya yang memiliki produk atau layanan yang banyak.

Dengan opsi baru ini, kata WhatsApp, para pelaku bisnis bisa mengelola katalog mereka dari layar yang lebih besar.

"Karena banyak bisnis mengelola inventaris mereka dari komputer, opsi baru ini akan mempercepat dan mempermudah penambahan item atau layanan baru sehingga pelanggan mereka tahu apa yang tersedia," kata WhatsApp dalam sebuah pernyataan.

Di katalog produk sendiri, pelaku bisnis bisa menampilkan dan membagikan informasi produk dan layanan mereka kepada pelanggan.

Baca juga: WhatsApp Rilis Paket Stiker Bertema Vaksin, Begini Cara Mendapatkannya

Informasi produk atau layanan yang ditampilkan di katalog WhatsApp Business di antaranya nama, foto, harga, deskripsi produk/layanan, hingga tautan ke situs web.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp Business diketahui hanya bisa membuat dan mengelola katalog toko miliknya melalui aplikasi yang ada di ponsel.

Selain itu opsi mengelola katalog lewat web, WhatsApp juga menyediakan fitur "hide" yang berfungsi untuk menyembunyikan produk dari daftar katalog. Ketika produk sedang habis atau tidak tersedia, pelaku bisnis bisa mengaktifkan fitur "hide" ini.

Ketika produk atau barang tersebut sudah kembali tersedia, pengguna tinggal menonaktifkan fitur "hide" tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Hindustan Times, Rabu (14/4/2021).

Menurut pantauan KompasTekno, opsi baru mengelola katalog sudah bisa digunakan melalui aplikasi WhatsApp desktop versi 2.2110.12 di laptop Windows 10. Sedangkan untuk fitur "hide", opsi ini masih belum tersedia. 

Baca juga: Layanan Transfer Uang WhatsApp Pay Dapat Lampu Hijau di Brasil

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X