Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Komentari "Giveaway" Shopee Saat Kurirnya Mogok Kerja

Kompas.com - 14/04/2021, 15:23 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini, ruang maya diramaikan isu kurir Shopee Express (SPX) yang ramai-ramai melakukan mogok kerja karena upahnya dipangkas. Hal itu terungkap pertama kali dari utas yang dibuat oleh pengguna Twitter dengan handle @arifnovianto_id.

Dalam utasnya, ia mengatakan bahwa kurir Shopee Express di daerah Jabodetabek telah melakukan mogok kerja. Pemicunya utamanya karena Shopee diduga melakukan pemangkasan upah pada awal April 2021.

"Mereka protes karena upahnya diturunkan dari 5.000/paket, 3.500/paket, 2.500/paket, & pada awal April menjadi 1.500/paket," twit @arifnovianto_id pada Minggu (11/4/2021).

Arif turut menuliskan bahwa para kurir Shopee Express juga tidak mendapatkan upah minimum dan jaminan sosial.

Baca juga: Awas, Ada Penipuan Berkedok SPinjam Shopee

Perbincangan ini juga sempat menjadi trending topic Twitter dengan tagar #ShopeeTindasKurir pada hari yang sama. Ada lebih dari 3.000 twit yang terlihat ikut berpartisipasi dalam topik tersebut.

Menurut pantauan KompasTekno pada twit yang menyertakan tagar tersebut, sejumlah netizen Indonesia meluapkan rasa kecewa dan kekesalan mereka.

"Mending Shopee uangnya dipake buat bayar pekerja dengan upah yg sepadan dibanding bayar ambassador Korea," kicau akun Twitter dengan handle @sauceialist.

Senada dengan twit sebelumnya, akun @anwar_sdq juga berkicau, "Mending Shopee gak usah ngundang ngundang artis Korea lah, mau naikin brand kalo karyawan di sepelehin."

Pengguna lainnya juga menyatakan akan menghapus aplikasi Shopee dari ponselnya hingga masalah ini rampung.

Gencar giveaway

Ketika Shopee ramai-ramai menjadi perbincangan di Twitt sejak Minggu, akun Twitter Shopee terlihat melakukan aktivitas seperti biasa, yakni menyiarkan berbagai event giveaway alias bagi-bagi barang secara gratis dan promo yang ada di aplikasinya.

Event giveaway yang digelar Shopee pun cukup gencar, setidaknya ada sekitar tujuh event giveaway. Mulai dari giveaway smartphone seperti iPhone 11, Samsung Galaxy S21 dan S20 FE, giveaway album dari Boy/Girlband Korea, uang tunai, hingga voucher shopee.

Menanggapi hal ini, sejumlah netizen menduga bahwa Shopee menggunakan event giveaway ini untuk menutupi isu mogok kerja dan pemotongan upah pada kurir SPX yang tengah ramai di Twitter.

"Jah giveaway untuk nutupin isu pegawai shopee express yang underpaid," tuding akun @CyanPalette sembari me-retweet quote kicauan Shopee tentang giveaway Samsung Galaxy S21.

Baca juga: Shopee Kena Wajib Pajak 10 Persen, Harga Barang Jadi Lebih Mahal?

Pengguna Twitter lainnya, @_keongbalap, dalam twitnya menuduh bahwa event giveaway ini merupakan strategi shopee untuk menimpun tagar #ShopeeTindasKurir yang sempat ramai.

Pengalihan isu?

Pengamat media sosial dari Komunikonten, Hariqo Wibawa Satria ikut berkomentar tentang hal ini.  Ia mengungkapkan, ketika sedang ada krisis pada suatu perusahaan, pengguna media sosial memang kerap akan mencari akun resmi dari perusahaan tersebut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com