Pengamat Komentari "Giveaway" Shopee Saat Kurirnya Mogok Kerja

Kompas.com - 14/04/2021, 15:23 WIB
Ilustrasi pelanggan Telkomsel membeli produk Telkomsel. Dok TelkomselIlustrasi pelanggan Telkomsel membeli produk Telkomsel.

KOMPAS.com - Belakangan ini, ruang maya diramaikan isu kurir Shopee Express (SPX) yang ramai-ramai melakukan mogok kerja karena upahnya dipangkas. Hal itu terungkap pertama kali dari utas yang dibuat oleh pengguna Twitter dengan handle @arifnovianto_id.

Dalam utasnya, ia mengatakan bahwa kurir Shopee Express di daerah Jabodetabek telah melakukan mogok kerja. Pemicunya utamanya karena Shopee diduga melakukan pemangkasan upah pada awal April 2021.

"Mereka protes karena upahnya diturunkan dari 5.000/paket, 3.500/paket, 2.500/paket, & pada awal April menjadi 1.500/paket," twit @arifnovianto_id pada Minggu (11/4/2021).

Arif turut menuliskan bahwa para kurir Shopee Express juga tidak mendapatkan upah minimum dan jaminan sosial.

Baca juga: Awas, Ada Penipuan Berkedok SPinjam Shopee

Perbincangan ini juga sempat menjadi trending topic Twitter dengan tagar #ShopeeTindasKurir pada hari yang sama. Ada lebih dari 3.000 twit yang terlihat ikut berpartisipasi dalam topik tersebut.

Menurut pantauan KompasTekno pada twit yang menyertakan tagar tersebut, sejumlah netizen Indonesia meluapkan rasa kecewa dan kekesalan mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mending Shopee uangnya dipake buat bayar pekerja dengan upah yg sepadan dibanding bayar ambassador Korea," kicau akun Twitter dengan handle @sauceialist.

Senada dengan twit sebelumnya, akun @anwar_sdq juga berkicau, "Mending Shopee gak usah ngundang ngundang artis Korea lah, mau naikin brand kalo karyawan di sepelehin."

Pengguna lainnya juga menyatakan akan menghapus aplikasi Shopee dari ponselnya hingga masalah ini rampung.

Gencar giveaway

Ketika Shopee ramai-ramai menjadi perbincangan di Twitt sejak Minggu, akun Twitter Shopee terlihat melakukan aktivitas seperti biasa, yakni menyiarkan berbagai event giveaway alias bagi-bagi barang secara gratis dan promo yang ada di aplikasinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.