Zyrex Incar Porsi Komputer untuk Edukasi dengan Chromebook

Kompas.com - 14/04/2021, 16:03 WIB
Tampak belakang Zyrex Chromebook M432 ZyrexTampak belakang Zyrex Chromebook M432

KOMPAS.com - Zyrex tengah bersiap untuk kembali bersaing di industri komputer, khususnya dalam mengisi pangsa pasar laptop berbasis Chrome OS yang dikenal dengan nama chromebook di Indonesia.

Hal ini ditandai dengan meluncurnya perangkat laptop chromebook terbaru, Zyrex Chromebook M432 dan Zyrex Chromebook 360 pada beberapa hari lalu.

Direktur Utama Zyrexindo Mandiri Buana, Timothy Siddik mengatakan bahwa kedua perangkat chromebook tersebut hadir sebagai upaya Zyrex dalam mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa-siswi di Indonesia.

Baca juga: Zyrex Rilis 2 Laptop Chromebook Baru di Indonesia, Bisa untuk Belajar Online

Timothy mengaku melihat adanya potensi tumbuhnya bisnis laptop chromebook di Tanah Air, yang antara lain didukung oleh bantuan prasarana chromebook dari Pemerintah dalam mempermudah proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai program chromebook yang cukup luar biasa besar untuk diberikan kepada sekolah-sekolah. Jadi Zyrex ingin ikut bagian dalam hal ini," ujar Timothy kepada KompasTekno, Rabu (14/4/2021).

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) bersama dengan Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah menggelar program bantuan alat TIK untuk sekolah-sekolah yang tersebar di sejumlah daerah.

Adapun jenis bantuan yang diberikan mencakup laptop berjenis chromebook, wireless router, hingga proyektor.

Langkah ini rupanya terbukti mendongkrak angka pengapalan laptop chromebook di Indonesia. Lembaga riset IDC beberapa waktu lalu pernah menyebutkan bahwa porsi vendor Asus dan Acer di pasaran Indonesia sempat meningkat berkat pengiriman chromebook.

Baca juga: Kondisi Pasar Komputer dan 5 Besar Vendor PC di Indonesia

Keduanya diketahui telah menunjukkan kinerja yang karena proyek penerapan chromebook di bidang pendidikan di Tanah Air.

Namun, Zyrex agaknya tidak hanya akan ikut bersaing dalam industri dalam negeri saja. Pasalnya, Timothy turut menargetkan pengapalan chromebook ke berbagai negara, salah satunya hingga ke Australia.

"Mereka (Australia) membutuhkan 1,7 juta unit chromebook. Apakah Zyrex bisa ikut bagian, ya kita coba lah," pungkas Timothy.

Zyrex sendiri dikenal sebagai salah satu pioneer produsen perangkat komputer di Indonesia. Sebelumnya, perusahaan ini juga telah mengadakan Program #siswaTOP (Satu Siswa, Satu Laptop) untuk memudahkan siswa-siswi Indonesia memiliki laptop.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X