Waspada, Aplikasi APKPure Disusupi Malware

Kompas.com - 15/04/2021, 10:06 WIB
Ilustrasi APKPure medium.comIlustrasi APKPure

KOMPAS.com - Meski Google Play Store merupakan platform resmi penyedia aplikasi untuk pengguna Android, nyatanya tak menutup kemungkinan masih ada pengguna yang mengandalkan alternatif lain seperti APKPure.

Namun, metode mengunduh aplikasi melalui APKPure sejatinya memang tidak dianjurkan oleh Google lantaran tidak resmi tercantum di toko aplikasi Play Store. Selain itu, file APK yang tersedia di sana kemungkinan bisa saja disusupi oleh aneka celah keamanan berbahaya.

Belakangan, perusahaan keamanan internet Kaspersky melaporkan bahwa APKPure telah disusupi malware jenis trojan.

Berdasarkan laporan terbaru Kaspersky, malware ini ditemuka dalam Software Development Kit (SDK) iklan pada aplikasi APKPure versi 3.7.18.

Malware ini disebut merupakan varian dari Trojan Triada yang pertama kali ditemukan oleh Kaspersky pada 2016 lalu.

Baca juga: Malware Joker Ditemukan di 10 Aplikasi AppGallery Huawei

Kaspersky menjelaskan bahwa Trojan Triada mampu merebut hak akses root di smartphone Android dan menggunakannya untuk memasang aplikasi berbayar, menampilkan iklan tanpa seizin pengguna, serta mengirimkan malware berbahaya lainnya.

"Trojan yang kami temukan ini memiliki banyak kesamaan dengan malware Triada yang terkenal jahat. Di dalamnya ia dapat melakukan berbagai tindakan mulai dari menampilkan iklan, mendaftarkan pengguna untuk langganan berbayar, dan mengunduh malware lainnya," kata Kaspersky.

Trojan Triada ini juga akan menyusup ke perangkat untuk mengambil sejumlah data milik pengguna yang menjadi target.

Data korban yang berhasil dikumpulkan nantinya akan dipindahkan dari perangkat Android ke server pengendali malware.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari halaman resmi Kaspersky, Kamis (15/4/2021), dampak malware ini untuk para pengguna, tergantung dari OS yang dijalankan serta sistem keamanan yang terpasang pada ponsel mereka.

Baca juga: 30.000 Komputer Mac Terinfeksi Malware Silver Sparrow

"Pengguna dengan versi sistem operasi mulai dari Android 8 ke atas, malware ini kemungkinan mampu memasang layanan premium secara diam-diam dan mengunduh malware lainnya," jelas Kaspersky.

Adapun untuk pengguna berbasis Android 6 atau 7, malware tersebut dikatakan Kaspersky dapat mendaftarkan pengguna ke aplikasi berbayar dan menampilkan spam iklan.

Untuk menghindari adanya tindakan yang dapat merugikan ini, pengguna Android yang sudah memasang APKPure disarankan untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru yaitu 3.17.19.

Sebagai alternatif yang paling aman, pengguna Android dianjurkan untuk tidak menginstall aplikasi apapun dari sumber ketiga alias situs tidak resmi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X