Cara Pasang Jadwal Shalat dan Imsak di Lockscreen Ponsel Oppo

Kompas.com - 15/04/2021, 11:02 WIB
Tampilan tema Ramadhan di Oppo Reno5 5G. KOMPAS.com/Bill ClintenTampilan tema Ramadhan di Oppo Reno5 5G.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dalam rangka meramaikan momen bulan puasa, Oppo merilis sebuah tema ponsel bernuansa Ramadhan yang bisa diunduh secara gratis oleh seluruh pengguna ponsel Oppo di Indonesia.

Selain tampilan antarmuka yang berbeda, tema ponsel bernama "Salam Ramadan" ini menghadirkan informasi seputar jadwal sholat lima waktu dan jadwal imsakiyah yang bisa dilihat langsung di tampilan kunci layar (lockscreen) ponsel.

Pengguna pun tak perlu membuka kunci ponselnya untuk sekadar melihat waktu azan ketika hendak menunaikan ibadah shalat lima waktu, atau azan magrib untuk berbuka puasa.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo A54

KompasTekno sempat menjajalnya di perangkat Oppo Reno5 5G yang dibekali dengan ColorOS 11 dan Oppo Reno A54 yang dibekali dengan ColorOS 7.

Pihak Oppo mengatakan tema Ramadhan ini bisa digunakan di seluruh ponsel Oppo di Indonesia yang dipasarkan pada tahun 2020 dan 2021. Namun, tidak menutup kemungkinan model yang lebih lama juga dapat memakainya.

Cara mendapatkan tema ponsel Ramadhan dari Oppo

Untuk mendapatkan tema ini, buka aplikasi "Theme Store" di ponsel Oppo  dan pilih menu "Tema Islam". Lalu, klik tombol "Apply" di tema "Salam Ramadan". 

Langkah mengunduh tema Salam Ramadan di ponsel Oppo.KOMPAS.com/Bill Clinten Langkah mengunduh tema Salam Ramadan di ponsel Oppo.

Pengguna juga bisa mengeklik tautan berikut di ponsel masing-masing untuk langsung mengunduh tema Ramadhan ini dan meng-klik tombol "Apply" untuk menerapkan tema tersebut.

Tampilan menu dan wallpaper ponsel akan berubah menjadi serba hijau. Pengguna pun akan melihat informasi jadwal shalat dan imsakiyah berdasarkan zona waktu yang bisa dipilih, ada WITA, WIT, hingga WIB di layar lockscreen mereka.

Baca juga: Oppo Reno5 Z 5G Resmi Meluncur dengan Chip Mediatek Dimensity 800U

Selain itu di lockscreen juga ada informasi umum lainnya seperti penanda waktu, cuaca, status baterai, hingga media player, berikut pintasan untuk langsung pergi ke sejumlah aplikasi populer seperti telepon, WhatsApp, browser, kamera, kalkulator, dan notes.

Ilustrasi tema Ramadhan di ponsel Oppo.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi tema Ramadhan di ponsel Oppo.

Menariknya, tampilan lockscreen bisa diubah sesuai selera dengan cara mengeklik ikon berbentuk mirip ketupat yang terletak di pojok kiri bawah layar.

Baca juga: Daftar Ponsel Oppo yang Kebagian Update Android 11

Sebuah jendela pop-up akan menampilkan opsi penampilan widget, jadwal shalat, serta mode tampilan (dark/light mode) dan latar belakang gambar pada lockscreen (graphic/photo).

Oppo menyebutkan wallpaper pada layar kunci ini bersifat dinamis sehingga terus berubah seiring waktu seperti pada pagi, siang, sore hingga malam hari.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X