Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikasi Kuat Clubhouse Versi Android Hadir Bulan Depan

Kompas.com - 15/04/2021, 16:23 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Aplikasi media sosial berbasis audio, Clubhouse, sempat mencuri perhatian warganet. Aplikasi ini mendadak populer ketika digunakan oleh CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Namun, hingga saat ini Clubhouse baru tersedia di platform iOS saja.

Hal ini menimbulkan kecemburuan bagi pengguna Android yang ingin pula menjajal Clubhouse. Banyak pengguna Android bertanya-tanya kapan mereka bisa ikut merasakan tren Clubhouse.

Co-Founder Clubhouse Paul Davidson, merespons kegundahan para pengguna Android dengan mengatakan bahwa perusahaan tengah mengembangkan aplikasi tersebut.

Davidson juga mengatakan bahwa Clubhouse versi Android adalah prioritas utama perusahaannya saat ini untuk menarik lebih banyak pengguna dan pendapatan.

Nah, kabar terbaru menyebutkan kemungkinan besar Clubhouse versi Android akan rilis pada Mei mendatang.

Salah satu indikasi kuatnya berasal dari twit salah satu pengembang Clubhouse untuk Android, Mopewa Ogundipe. Lewat akun twitter dengan handle @mopewa, dia mengunggah tangkapan layar tampilan Clubhouse versi Android yang dikembangkannya.

Baca juga: 1,3 Juta Data Pengguna Clubhouse Dilaporkan Bocor, Ini Kata CEO Clubhouse

Dalam twit tersebut, Mopewa menyandingkan tampilan Clubhouse yang diklaim diunggah dari iPhone di sisi kiri, dan tampilan Clubhouse yang disebut diunggah dari Google Pixel di sisi kanan.

Tampilan Clubhouse veris iOS dan Android yang diunggah pengembang Clubhouse untuk Android, Mopewa melalui  akun Twitternya.Twitter/Mopewa Tampilan Clubhouse veris iOS dan Android yang diunggah pengembang Clubhouse untuk Android, Mopewa melalui akun Twitternya.
Menurut pengembang Clubhouse lainnya, Morgan Evetts, Mopewa telah mengerjakan proyek tersebut selama enam minggu. Melalui akun Twitter dengan handle @morqon, Morgan membocorkan bahwa kemungkinan Clubhouse akan rlis bulan Mei mendatang.

Pihak Clubhouse sendiri belum mengonfirmasi secara resmi jadwal peluncuran Clubhouse versi Android.

Baca juga: Clubhouse Punya Fitur Monetisasi untuk Kreator Konten

Kemunculan Clubhouse bisa dikatakan cukup fenomenal sejak diperkenalkan sekitar bulan Februari atau Maret 2020 lalu.

Popularitas Clubhouse kian menanjak setelah dipromosikan secara tidak langsung oleh beberapa petinggi teknologi, salah satunya adalah CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk dan bos Facebook Inc, Mark Zuckerberg.

Pada Februari 2021, Davidson dan pendiri Clubhouse lainnya, Rohan Seth sesumbar bahwa aplikasi buatan meeka telah memiliki 2 juta pengguna aktif mingguan.

Menurut laporan dari App Anie, Clubhouse mengalami peningkatan jumlah unduhan yang sangat signifikan, yakni meningkat lebih dari 3,5 juta unduhan secara global. Dilaporkan Tech Crunch, pada 16 Februari 2021, Clubhouse diunduh 8,1 juta kali.

Saking populernya, beberapa aplikasi lain ingin menyontek Clubhouse di layanannya. Misalnya saja Twitter dengan Twitter Spaces, Telegram, dan termasuk perusahaan asal China, ByteDance, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmo China, Kamis (15/4/2021).

Tidak diketahui mengapa butuh waktu lama bagi Clubhouse untuk menelurkan versi Androidnya, sementara para pesaingnya terus bergerak cepat memanfaatkan momen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com