Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejaring Sosial Helo Masuk Indonesia, Ini Fitur Unggulannya

Kompas.com - 16/04/2021, 14:30 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diumumkan secara global pada Desember 2020 lalu, aplikasi Helo akhirnya resmi tersedia di Indonesia. Helo merupakan jejaring sosial yang dibuat oleh induk Tiktok, Bytedance.

Helo sudah bisa diunduh di toko aplikasi Android, Google Play Store, dan toko aplikasi iOS, Apple App Store.

Helo merupakan platform digital yang memungkinkan penggunanya dapat membagikan konten berupa video pendek, foto, maupun ungkapan ekspresi mereka dalam unggahan status.

Sebagai aplikasi pendatang baru, Helo turut dibekali sejumlah fitur yang diklaim mampu menjawab segala kebutuhan pengguna di Indonesia.

Dari sederet fitur yang ditawarkan, Helo memiliki dua fitur unggulan yaitu For You dan Helo Trends. Lantas, bagaimana tampilan dari kedua fitur unggulan yang dimaksud?

Baca juga: Jejaring Sosial Helo Resmi Meluncur di Indonesia

For You

Tab For You di aplikasi HeloKOMPAS.com/ConneyStephanie Tab For You di aplikasi Helo
Fitur "For You" berada di halaman Homepage. Di dalamnya, pengguna bisa menemukan berbagai macam konten baik berupa foto maupun video pendek yang diekspresikan oleh pengguna lainnya.

Secara desain, tampilan antarmuka For You bisa dibilang mirip seperti halaman "For Your Page" (FYP) yang ada di aplikasi TikTok.

Pengguna bisa mengusap (swipe) layar ke atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang dibuat pengguna lain, serta mengusap layar ke bawah untuk menyaksikan konten yang sudah dilihat sebelumnya.

Baca juga: Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia Melek Media Sosial

Sama seperti FYP, tab ini juga mengandalkan algoritma agar konten-konten yang ditampilkan sesuai dengan aktivitas, hobi, atau minat pengguna.

Konten yang diunggah pun bisa dikomentari seperti video TikTok. Pengguna juga bisa memberikan likes, mendownload, dan membagikan (forward) konten tersebut ke teman-teman.

Cara mengunggah konten video di aplikasi HeloKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara mengunggah konten video di aplikasi Helo
Untuk membuat video For You, pengguna cukup mengklik ikon (+) di bagian tengah bawah, lalu pilih opsi apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel.

Sebelum di-upload, video bisa ditambahi efek, stiker, musik, template, caption, tag, dan lain sebagainya. Setelah itu, tinggal klik "Post" di pojok kanan atas.

Konten yang sudah diunggah ke Helo juga bisa dibagikan (share) ke aplikasi lain seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya.

Selain video, di halaman Homepage, pengguna juga dapat menemukan konten-konten dengan berbagai topik di antaranya yaitu olahraga, travel, meme lucu, quotes, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Diblokir di Mana-mana, Trump Dilaporkan Bikin Media Sosial Sendiri

Helo Trends

Halaman Helo Trends di aplikasi HeloKOMPAS.com/ConneyStephanie Halaman Helo Trends di aplikasi Helo
Selain digunakan untuk meng-upload foto atau video, aplikasi Helo juga menampilkan kurasi berita yang ditempatkan pada halaman khusus bernama Helo Trends. Helo Trends berada di tab yang letaknya di samping kanan halaman Homepage.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com