Apa Itu Coinbase, Dompet Kripto Pertama yang Lakukan IPO

Kompas.com - 16/04/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi aplikasi Coinbase. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi Coinbase.

KOMPAS.com - Pekan ini, nilai mata uang kripto (cryptocurrency) Bitcoin mencetak rekor tertinggi baru dalam sejarah.

Harga Bitcoin sudah mencapai 63.388 dollar AS atau setara dengan Rp 924,55 juta per keping, menurut data di situs Coin Metrics, pada Rabu (14/4/2021).

Usut punya usut, ternyata salah satu pendorong naiknya harga Bitcoin hingga menciptakan rekor baru ialah karena para investor menanti startup dompet kripto bernama Coinbase yang akan melakukan penawaran umum perdana (IPO). Apa itu conbase?

Coinbase sendiri sudah resmi mencatatkan diri ke bursa saham AS di Nasdaq dengan kode COIN, pada 15 April lalu. Harga saham Coinbase dibuka pada angka 381 dollar AS per saham atau sekitar Rp 5,5 juta (kurs Rp 14.600).

Baca juga: Dompet Mata Uang Kripto Coinbase Resmi Melantai di Bursa Saham

Dengan demikian, ini menjadikan Coinbase sebagai perusahaan dompet kripto pertama yang melantai di bursa saham. Lantas, apa itu Coinbase?

Coinbase adalah sebuah platform perdagangan sekaligus dompet mata uang kripto, asal Amerika Serikat yang diluncurkan pada Juni 2012 silam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Brian Armstrong, mantan engineer Airbnb, dan Fred Ehrsman, mantan trader di bank investasi AS Goldman Sachs, adalah dua orang di balik lahirnya platform Coinbase ini.

Coinbase disebut sebagai sebuah platform mata uang kripto populer karena memiliki antarmuka yang intuitif dan ramah bagi pemula. 

Sebagi platform perdagangan uang kripto, pengguna bisa membeli, mengelola, dan menjual mata uang kripto yang dimilikinya. Pengguna bisa dengan mudah membeli mata uang kripto dengan rekening bank atau debit card.

Coinbase juga menyediakan layanan dompet digital yang bisa digunakan pengguna untuk menyimpan berbagai aset kripto, termasuk NFT.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menemukan berbagai fitur membantu investor mempelajari berbagai jenis kripto di Coinbase.

Pengguna juga bisa melihat pergerakan harga mata uang kripto dan nilai aset kripto yang dimiliki setiap saat, melalui situs maupun aplikasi Coinbase yang ada di iOS maupun Android.

Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.