Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Azan yang Ringan, Tak Bikin Android Lemot

Kompas.com - 17/04/2021, 03:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak aplikasi azan di hp (ponsel) Android di Google Play Store yang bisa dipakai sebagai alarm untuk mengingatkan kita agar tetap melaksanakan ibadah shalat tepat waktu.

Sebut saja seperti Umma, Muslim Pro, Athan, Salatuk, dan lain sebagainya. Namun, berbagai aplikasi azan tersebut terbilang cukup memakan memori (RAM) dan media penyimpanan (storage).

Sehingga ponsel Android yang kapasitas RAM atau storage-nya minim mungkin tidak bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar. Bahkan, tak jarang aplikasi azan tersebut tidak berfungsi dengan baik, apabila RAM ponsel penuh.

 Baca juga: Daftar Aplikasi Pengingat Shalat untuk Android dan iPhone

Nah, KompasTekno merangkum lima aplikasi alarm bernada azan yang bisa dipakai di berbagai smartphone Android.

Uniknya, seluruh aplikasi ini berukuran kurang dari 10 MB. Artinya, ponsel dengan RAM 1 GB atau memori internal yang hampir penuh kemungkinan akan bisa menjalankan berbagai aplikasi tersebut dengan lancar. 

Perlu dicatat, pastikan Anda hanya memasang salah satu aplikasi alarm azan ini di ponsel Android Anda. Sebab, apabila Anda memasang semuanya, maka sistem notifikasi akan bentrok dan ponsel akan bingung alarm azan mana yang akan dibunyikan.

Lantas, apa saja daftar aplikasinya dan bagaimana cara memasang alarm azan melalui beragam aplikasi tersebut ini?

1. Usholli - 2,6 MB

Ilustrasi aplikasi Usholli.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Usholli.

Usholli merupakan aplikasi pengingat shalat besutan Mr. Habibi. Untuk memasang alarm azan, Anda cukup memasang aplikasi ini di smartphone masing-masing.

Anda juga bisa mematikan notifikasi azan, atau memasang pengingat sebelum adzan dengan meng-klik waktu azan mana yang akan diubah pengaturannya.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Shalat dan Buka Puasa Ramadhan 2021 untuk Android dan iPhone

Aplikasi Usholli hanya berukuran 2,6 MB dan bisa diunduh di tautan berikut. Perlu dicatat, karena ukurannya sangat kecil, Anda tidak bisa mengganti jenis suara azan di aplikasi ini. 

2. Haqq - 7,0 MB

Ilustrasi aplikasi Haqq.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Haqq.

Selanjutnya ada Haqq yang dibuat oleh Specialslice. Aplikasi ini juga bisa dipakai sebagai pengingat shalat dan memiliki fitur yang lebih lengkap dari Usholli tadi.

Cara memasang alarm azan di aplikasi ini terbilang cukup mudah. Sebab, ketika Haqq terpasang, aplikasi ini akan mendeteksi lokasi pengguna dan akan mengeluarkan alarm azan sesuai dengan waktunya secara otomatis.

Aplikasi Haqq berukuran 7 MB dan bisa diunduh di tautan berikut. Sama seperti Usholli, jenis suara azan di aplikasi ini tidak bisa digonta-ganti.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com