Sama-sama Buatan ByteDance, Ini Bedanya Helo dan TikTok

Kompas.com - 17/04/2021, 08:17 WIB
ilustrasi aplikasi Helo KOMPAS.com/ConneyStephanieilustrasi aplikasi Helo
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Jejaring sosial Helo resmi hadir di Indonesia. Helo merupakan platform digital dari ByteDance yang sebelumnya menghadirkan TikTok.

Meski sama-sama buatan ByteDance,  Helo dan TikTok memiliki sejumlah perbedaan, misalnya saja jenis konten yang tidak melulu video.

Baca juga: Jejaring Sosial Helo Resmi Meluncur di Indonesia

Ada juga beberapa kesamaan antara Helo dan TikTok. Selengkapnya, simak ulasan singkat KompasTekno tentang perbandingan kedua aplikasi berikut ini.

Beda konten dan target pengguna

Halaman Helo Trends di aplikasi HeloKOMPAS.com/ConneyStephanie Halaman Helo Trends di aplikasi Helo

Country Head of Operations Helo Indonesia, Indira Melik mengatakan bahwa aplikasi Helo ditujukan bagi pengguna yang tidak hanya gemar melihat konten video, tapi juga ingin terus update dengan berita maupun informasi yang sedang ramai diperbincangkan.

"Kami (Helo) punya segmen sendiri karena di Helo ini pengguna yang suka liat konten-konten video juga bisa sembari baca berita di Helo Trends," kata Indira.

Di dalamnya, pengguna bisa menemukan dan membaca berita populer yang berasal dari portal media online, maupun yang diunggah oleh pengguna lain. Kumpulan berita yang dimunculkan juga akan terus diperbarui setiap 10 menit sekali.

Baca juga: Jejaring Sosial Helo Masuk Indonesia, Ini Fitur Unggulannya

"Fitur Helo Trends ini memungkinkan pengguna dapat mengakses berita atau tren terbaru yang ramai diperbincangkan warganet," ujar Indira.

Sedangkan, TikTok merupakan jejaring sosial yang hanya menyajikan konten berupa video pendek berdurasi 15 detik hingga tiga menit. Konten video yang ditampilkan juga merujuk pada algoritma yang disesuaikan dengan minat penggunanya.

Beda penampilan

Tampilan tab For You di aplikasi Helo dan TikTokKOMPAS.com/ConneyStephanie Tampilan tab For You di aplikasi Helo dan TikTok

Perbedaan berikutnya antara Helo dan TikTok adalah dari segi tampilan. Meski sama-sama memiliki empat tab, namun susunan tab dari kedua aplikasi ini berbeda.

Keemmpat tab di Helo  terdiri dari Home, Tren, Notifikasi, dan Profil. Sementara TikTok memiliki empat tab yang mencakup Home, Search, Inbox, dan Profil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X