Pendiri Adobe Sekaligus Penemu PDF Tutup Usia

Kompas.com - 19/04/2021, 12:33 WIB
Salah satu pendiri Adobe sekaligus penemu format file PDF, Charles Geschke bbc.comSalah satu pendiri Adobe sekaligus penemu format file PDF, Charles Geschke

KOMPAS.com - Kabar duka menyelimuti dunia teknologi. Salah satu pendiri Adobe sekaligus penemu format file PDF, Charles Geschke, tutup usia pada Jumat (16/4/2021) lalu. Geschke meninggal pada usia 81 tahun.

Ia lahir pada 11 September 1939 di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Ia merupakan seorang pengusaha dan ilmuwan komputer.

"Sebagai salah satu pendiri Adobe, Geschke dan John Warnock mengembangkan perangkat lunak (software) inovatif yang telah merevolusi cara orang dalam berkomunikasi," kata Shantanu Narayen, CEO Adobe.

Sebelum mendirikan Adobe, Geschke sempat bekerja sebagai programmer di perusahaan hardware asal Amerika Serikat, Xerox Palo Alto Research Center pada 1972. Disitulah Geschke pertama kali bertemu dengan John Warnock.

Baca juga: Adobe Flash Ada di 98 Persen PC Sedunia pada 2005, Kini Wajib Dihapus

Satu tahun berselang tepatnya 1982, Geschke beserta John Warnock meninggalkan Xerox dan mendirikan Adobe. Produk pertama mereka adalah Adobe PostScript, bahasa pemrograman yang mendukung pengembangan industri desktop saat itu.

Geschke menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Adobe sejak Desember 1986 hingga Juli 1994. Geschke kemudian pensiun dari Adobe pada April 2000, tak lama setelah John Warnock mundur dari jabatannya sebagai CEO.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 1992, Geschke pernah diculik dan disandera selama empat hari di Hollister, California, AS oleh dua pria yang tak dikenal.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BBC, Senin (19/4/2021), kasus penculikan Geschke ini pun menjadi berita utama kala itu dan sorotan media nasional.

Geschke akhirnya bebas setelah pelaku mendapat uang tebusan sebesar 650.000 dollar AS. Pelaku membawa polisi ke lokasi di mana dia ditahan dan Geschke diselamatkan oleh Biro Penyelidikan Federal (FBI) Amerika Serikat.

Mantan Presiden AS ke-44 Barack Obama memberikan penghargaan National Medal of Technology kepada Charles Geschke dan John Warnock pada tahun 2009bbc.com Mantan Presiden AS ke-44 Barack Obama memberikan penghargaan National Medal of Technology kepada Charles Geschke dan John Warnock pada tahun 2009
Melihat sepak terjangnya di dunia teknologi, Presiden AS ke-44 Barack Obama, memberikan penghargaan "National Medal of Technology" kepada Geschke dan John Warnock pada 2009 lalu.

Baca juga: Cerita Pria Asal Indonesia Dibayar Adobe Rp 90 Juta Karena Foto Editan

Kini, Adobe telah melahirkan banyak produk termasuk software desain grafis seperti Photoshop, CorelDRAW, Illustrator, Acrobat, Flash, Creative Suite, Creative Cloud, berikut format file PDF yang kian populer.

Atas kepergiannya, Geschke meninggalkan tiga orang anak, tujuh orang cucu, serta satu orang istri yang dinikahinya selama 56 tahun.

"Dia adalah seorang pengusaha terkenal, pendiri perusahaan besar di AS dan dunia, dan tentu saja dia sangat bangga akan hal itu. Ini adalah pencapaian besar dalam hidupnya, tetapi bukan fokus yang selalu ia kejar melainkan keluarganya," kata Nancy Geschke, istri Charles Geschke dalam sebuah pernyataan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.