Lolos Seleksi Lelang Frekuensi 2,3 GHz, Ini Tanggapan Telkomsel, XL, dan Smartfren

Kompas.com - 19/04/2021, 15:03 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru saja mengumumkan tiga operator seluler yang lolos hasil seleksi administrasi peserta lelang pita frekuensi 2,3 GHz.

Ketiga operator seluler tersebut adalah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT XL Axiata Tbk, dan PT Smart Telecom (Smartfren). Lantas, bagaimana tanggapan ketiga operator seluler tersebut?

Telkomsel

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, mengatakan keikutsertaan Telkomsel dalam proses lelang pita frekuensi 2,3 Ghz merupakan komitmen untuk memperkuat layanan telekomunikasi berbasis digital di Indonesia.

"Pengembangan layanan telekomunikasi berbasis digital membutuhkan gelaran konvektivitas jaringan broadband berteknologi terdepan serta ketersediaan alokasi frekuensi yang mencukupi," tutur Setyanto kepada KompasTekno, Minggu (18/4/2021).

Setyanto menambahkan pihaknya kini tengah mempersiapkan diri demi mengikuti proses lelang pita frekuensi 2,3 GHz selanjutnya.

"Kami optimis dapat menjalankan seluruh tahapan proses seleksi dengan baik, sesuai aturan yang berlaku, dan berharap dapat meraih hasil yang optimal bagi perusahaan dan seluruh pemangku kepentingan," imbuh Setyanto.

Baca juga: Lelang Ulang Frekuensi 2,3 GHz, Ini Tiga Operator Seluler yang Lolos Seleksi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

XL Axiata

Sementara itu, Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengumbar bahwa pihaknya memang mengincar frekuensi tambahan demi meningkatkan kualitas layanan dan jaringan XL.

"XL Axiata berupaya untuk memperoleh tambahan frekuensi pada spektrum 2,3 GHz untuk peningkatan kapasitas jaringan dan kualitas layanan data kepada pelanggan," jelas wanita yang akrab disapa Ayu kepada KompasTekno.

Ia tidak mengungkap berapa besar alokasi pita frekuensi tambahan yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Namun, kebutuhannya bakal disesuaikan dengan harga akhir dari pita frekuensi yang bakal dilelang nanti.

"Tentu harapannya semakin besar frekuensi akan semakin bermanfaat bagi peningkatan layanan data," tambah Ayu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X