Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andre Soelistyo Bakal Pimpin GoTo, Perusahaan Merger Gojek-Tokopedia?

Kompas.com - 19/04/2021, 16:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo disebut-sebut akan menjadi pimpinan perusahaan jika merger Gojek dan Tokopedia terwujud. Sementara Presiden Tokopedia, Patrick Cao akan tetap menjabat sebagai Presiden di entitas gabungan nanti.

Adapun entitas baru hasil merger kedua startup Indonesia tersebut digadang-gadang akan diberi nama GoTo.

Menurut laporan Bloomberg, salah satu sumber yang akrab dengan isu ini menyebut bahwa Gojek akan memegang saham lebih besar yakni 58 persen. Sementara sisanya, yakni 42 persen akan dipegang Tokopedia.

Perusahaan hasil merger dua startup unicorn tersebut diperkirakan akan memiliki nilai valuasi hingga 40 miliar dollar AS atau sekitar Rp 581 triliun (kurs Rp 14.500).

Selama menjadi Co-CEO, Andre disebut mempelopori diversifikasi produk Gojek ke layanan konsumen dan menarik investasi lebih dari 5 miliar dollar AS (sekitar Rp 72 triliun) dari para investor besar, seperti Google, Tencent Holding Ltd, Astra International, KKR & Co, dan Warburg Pincus.

Baca juga: GoTo, Inikah Nama Perusahaan Baru Hasil Merger Gojek-Tokopedia?

GoTo kabarnya akan memiliki tiga inti bisnis, yakni transportasi online yang dibawa Gojek, e-commerce yang diboyong Tokopedia, serta layanan pembayaran dan keuangan dengan nama Dompet Karya Anak Bangsa (DKAB).

William Tanuwijaya yang kini menjabat sebagai CEO Tokopedia, akan melanjutkan tanggung jawabnya di bisnis e-commerce.

Sementara co-CEO Gojek lainnya, yakni Kevin Aluwi akan bertanggung jawab mengembangkan bisnis ride-hailing. Group CEO, yakni Andre Soelistyo, akan mengepalai bisnis DKAB.

Dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Senin (19/4/2021). pihak Tokopedia dan Gojek masih enggan berkomentar tentang kabar ini. Kabar terakhir menyebut bahwa merger keduanya sudah masuk tahap finalisasi dan kabarnya akan segera rampung bulan ini.

Baca juga: Dua Petunjuk Baru Merger Gojek-Tokopedia Makin Dekat

Masing-masing petinggi Tokopedia dan Gojek telah menyepakati persyaratan merger dan sedang menanti restu dari para pemegang saham.

Pada 2019, Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi didapuk sebagai co-CEO Gojek menggantikan Nadiem Makarim, CEO sekaligus pendiri Gojek.

Keduanya mengisi posisi CEO setelah Nadiem menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Baca juga: Profil Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Lulusan Harvard yang Dirikan Gojek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com