Ketik "Ingenuity" di Google Search, Helikopter Penjelajah Mars Akan Terbang di Layar

Kompas.com - 20/04/2021, 09:36 WIB
Ilustrasi helikopter Ingenuity yang mejeng di laman hasil pencarian Google. AndroidCentralIlustrasi helikopter Ingenuity yang mejeng di laman hasil pencarian Google.

KOMPAS.com - NASA berhasil menerbangkan helikopter kecilnya yang bernama "Ingenuity" di Planet Mars, Senin (19/4/2021). Ini merupakan penerbangan bertenaga mesin pertama yang dilakukan di planet lain.

Nah, dalam rangka memeriahkan momen tersebut, Google menghadirkan pesan tersembunyi (easter egg) berupa helikopter Ingenuity yang bakal terbang ke sana kemari di laman hasil pencarian Google.

Untuk menerbangkan si helikopter mungil berbobot 1,8 kilogram itu, pengguna cukup mengetikkan kata kunci "Ingenuity" atau "Helikopter Mars Ingenuity" atau kata kunci lain yang relevan di kolom pencarian situs web Google. 

Baca juga: Robot Penjelajah Mars Ternyata Diotaki Prosesor Komputer Lawas

Cara memunculkan helikopter Ingenuity di laman hasil pencarian Google.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara memunculkan helikopter Ingenuity di laman hasil pencarian Google.

Lalu, gulirkan layar ke bawah hingga Anda menemui ikon helikopter kecil berwarna oranye dengan baling-baling yang berputar, kemudian klik ikon helikopter tersebut.

Beberapa saat kemudian, helikopter Ingenuity pun bakal "terbang" di laman hasil pencarian Google yang tengah dilihat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara bersamaan, layar pengguna pun akan dihiasi dengan warna yang terkesan agak oranye, lengkap dengan tanah berwarna agak merah di bagian bawah tampilan tersebut. Kesan warna yang ditampilkan boleh jadi memang menggambarkan kondisi udara di Mars.

Baca juga: Jepang Akan Kirim Kamera 8K ke Mars, Tiba 2025

Meski demikian, helikopter dan warna akan hilang apabila pengguna mengunjungi situs lain yang ada di laman hasil pencarian tersebut. Efek ini juga akan hilang ketika pengguna mengeklik ikon "X" yang berada di bagian atas tengah tampilan tersebut.

Adapun tombol "Share" bisa diklik untuk membagikan hasil pencarian Google dengan kata kunci "Helikopter Mars Ingenuity".

Terlepas dari easter egg ini, penerbangan pesawat nirawak ke planet lain sendiri merupakan hal bersejarah bagi umat manusia dan bisa dibilang sebagai penerbangan yang penting.

Sebab, Mars memiliki tekanan atmosfer yang lebih rendah dibanding Planet Bumi dan sulit bagi helikopter mengudara di kondisi seperti itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidCentral, Selasa (20/4/2021).

Penerbangan ini juga turut membuktikan bahwa manusia mungkin saja bisa menerbangkan helikopter nirawak lainnya di sana, serta membuka kemungkinan untuk menelusuri planet yang biasa dijuluki "Planet Merah" tersebut lebih jauh.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X