Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Fitur Fotografi Profesional di Vivo X60 Series

Kompas.com - 20/04/2021, 10:30 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal April 2021, Vivo resmi memboyong dua ponsel flagship terbarunya ke Indonesia, yakni Vivo X60 Series 5G.

Sama seperti pendahulunya, Vivo X60 Series 5G yang terdiri atas X60 reguler dan X60 Pro mengunggulkan kamera, dengan fitur-fitur fotografi profesional di kamera belakangnya.

Terdapat tiga kamera belakang di lini Vivo X60, terdiri dari kamera utama "Big Eye Camera" 48 MP (f/1.79, OIS), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2, 2,5 cm Super Macro), dan kamera portrait 13 MP (f/2.46, 2x optical zoom).

Sementara itu, Vivo X60 Pro memiliki konfigurasi kamera yang identik dengan X60 reguler. Bedanya, kamera utama Vivo X60 Pro memiliki lensa dengan bukaan (aperture) yang lebih lebar, f/1.48 yang diklaim bisa menyerap cahaya 16,8 persen lebih banyak.

Baca juga: Vivo Kini Peringkat Pertama Pasar Smartphone di China

"Sebagai salah satu milestone inovasi Vivo dalam pengembangan teknologi profesional fotografi smartphone, Vivo X60 Series 5G mengusung beberapa fitur yang mendukung pengalaman mengambil foto maupun video benar-benar berbeda dari sebelumnya," kata Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia.

Berikut adalah tiga fitur fotografi kelas profesional yang hadir di kamera ponsel Vivo X60 Series.

Contoh hasil foto Vivo X60 SeriesDok. Vivo Indonesia/Instanusantara Contoh hasil foto Vivo X60 Series

1. Kolaborasi dengan ZEISS

Kamera belakang Vivo X60 dan X60 Pro dirancang melalui kemitraan dengan pabrikan kamera asal Jerman, Zeiss. Vivo dan ZEISS menghadirkan teknologi kamera yang dijuluki "Vivo ZEISS Co-engineered Imaging System" di kedua ponsel tersebut.

Dikombinasikan dengan ZEISS Optic, kamera belakang di Vivo X60 dan X60 Pro diklaim mampu menghasilkan foto berkualitas dengan tingkat ketajaman dan kejernihan gambar yang profesional khas lensa ZEISS.

Keduanya ponsel ini juga dibekali dengan fitur Zeiss Biotar Portrait Style. Lewat fitur ini, pengguna bisa menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh berputar yang ikonik.

2. Gimbal Stabilization 2.0

Sebagai varian teratas, Vivo X60 Pro tentunya dibekali dengan fitur fotografi yang lebih canggih dibanding X60 "reguler", salah satunya adalah kehadiran teknologi penstabil gambar Gimbal Stabilization 2.0.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Vivo X60 dan X60 Pro di Indonesia

Gimbal Stabilization sendiri sempat diperkenalkan di Vivo Apex 2020 dan X50 Series. Di Vivo X60 Series ini, teknologi tersebut ditingkatkan dan diklaim mampu membuat kamera tetap stabil meski mengalami guncangan ekstrem saat pengambilan gambar.

Hasil gambarnya pun diklaim Vivo tetap memiliki tingkat ketajaman yang tinggi dan tidak buram. Hal ini juga dimungkinkan karena kamera utama Vivo X60 Pro bisa menggerakkan lensa kamera ke posisi yang berlawanan.

Contoh hasil foto Vivo X60 SeriesDok. Vivo Indonesia/Mataponsel Contoh hasil foto Vivo X60 Series

Ada pula teknologi Pixel Shift Ultra HD Imaging yang berfungsi untuk menghasilkan foto dengan tingkat detail lebih maksimal.

3. Extreme Night Vision 2.0

Fitur selanjutnya adalah Extreme Night Vision 2.0 yang ada di Vivo X60 dan X60 Pro. Seperti namanya, fitur ini diklaim mampu membidik obyek di kondisi minim cahaya (low light) atau lingkungan yang terbilang lumayan gelap.

Kemampuan ini bisa terwujud berkat penggabungan antara teknologi peredam guncangan di kedua ponsel tersebut, dengan algoritma pemotretan malam.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com