Ramai Akun Facebook Di-mention Orang Tak Dikenal, Kok Bisa?

Kompas.com - 20/04/2021, 15:03 WIB
Facebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara. AP PHOTO/JENNY KANEFacebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara.

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Facebook Indonesia belakangan ramai-ramai melaporkan menjadi korban mention massal dari orang tak dikenal.

Hal yang menjadi masalah, akun tak dikenal itu melakukan mention massal pada pengguna Facebook dalam unggahan berisi konten tak senonoh alias berbau pornografi. Sejumlah pengguna pun melaporkan posting tersebut ke Facebook untuk ditindaklanjuti.

Belakangan, praktisi keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, mengungkapkan bahwa aktivitas mention massal ini merupakan salah satu modus phising yang bertujuan untuk mencuri kredensial akun Facebook (username dan password) pengguna.

Lantas yang menjadi pertanyaan, bagaimana bisa orang yang tak dikenal melakukan mention massal ke pengguna lainnya di Facebook?

Baca juga: Awas, Ada Jebakan Tag di Facebook dengan Umpan Konten Tak Senonoh

Alfons mengungkapkan, hal ini dapat terjadi karena modus phising ini memanfaatkan fitur mention yang dapat digunakan secara bebas dan luas oleh seluruh pengguna Facebook, berbeda dari fitur tag (menandai dalam konten) yang dibatasi.

"Mention dipilih karena memang Facebook membebaskan setiap penggunanya untuk menyebut (mention) siapa saja, tanpa ada batasan," ungkap

Sejumlah pengguna Facebook Indonesia menjadi korban mention massal oleh orang tak dikenal.dok. Vaksincom Sejumlah pengguna Facebook Indonesia menjadi korban mention massal oleh orang tak dikenal.
Alfons kepada KompasTekno, Selasa (20/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi sekalipun tidak kenal, bisa saja Anda disebut (mention) oleh pengguna Facebook lain. Hal ini dimanfaatkan dengan cerdik oleh si pembuat aksi," lanjutnya.

Dengan kata lain, fitur mention pada kolom komentar ini tidak bisa dikelola secara mandiri oleh masing-masing pengguna.

Beda halnya dengan fitur tag yang bisa diatur penggunaannya oleh masing-masing pengguna Facebook.

Untuk tag, Facebook menyediakan opsi pengaturan khusus dibagian "profil dan penandaan".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X