Xiaomi Jadi "Kuda Hitam" Ancam Dominasi Samsung-Apple

Kompas.com - 22/04/2021, 09:10 WIB
ilustrasi samrtphone Samsung, Apple, Xiaomi androidauthority.comilustrasi samrtphone Samsung, Apple, Xiaomi

KOMPAS.com - Samsung dan Apple selama ini berebutan posisi pertama pangsa pasar smartphone dunia. Namun ada "kuda hitam" yang siap merebut posisi keduanya.

Kuda hitam itu adalah vendor ponsel China, Xiaomi. Meski Xiaomi menduduki peringkat ketiga dunia pada kuartal I-2021, berdasar data yang dirilis Strategy Analytic, namun angka pertumbuhan pengiriman ponsel Xiaomi tergolong fantastis.

Pengiriman ponsel Xiaomi dilaporkan naik hingga 80 persen, nyaris dua kali lipat dibandingkan periode tahun lalu, dari 28 juta unit pada kuartal I-2020 menjadi 49 juta unit pada kuartal II-2021.

Baca juga: 5 Besar Merek Ponsel Dunia Kuartal I-2021, Samsung Teratas Huawei Terdepak

Jumlah pertumbuhan pengiriman ponsel Xiaomi juga dua kali lipat dibandingkan ponsel Samsung (32 persen) dan Apple (44 persen). Bisa dibilang, Samsung dan Apple yang selama ini berada di "zona nyaman" pun bisa dibilang mulai tak aman.

Pasalnya, pangsa pasar Apple dan Xiaomi sendiri hanya terpaut dua persen. Apple menghimpun 17 persen pangsa pasar smartphone global, sementara Xiaomi menguasai 15 persen pangsa pasar.

ilustrasi smartphone Samsung, Apple, XiaomiGSM Arena ilustrasi smartphone Samsung, Apple, Xiaomi

Dibandingkan dengan pangsa pasar Samsung yang 23 persen, pangsa pasar Xiaomi juga bisa dikatakan tidak terlalu jauh, yaitu hanya selisih delapan persen.

Baca juga: Geser Oppo, Vivo Rajai Pasar Smartphone China

Xiaomi memang seringkali menelurkan produk smartphone berbekal spesifikasi tinggi dengan harga yang relatif terjangkau. Hal itulah yang membuat Xiaomi kerap dijuluki sebagai "perusak harga pasar."

Namun nyatanya, smartphone dengan banderol harga yang lebih murah yang disertai spesifikasi mumpuni, justru membuat Xiaomi semakin dicintai penggunanya.

Menurut Strategy Analytics, Xiaomi tak hanya mendulang kesuksesan di China dan India, melainkan di beberapa pasar lainnya seperti Eropa, Amerika Latin, hingga Afrika.

Secara keseluruhan, total pengiriman smartphone global pada kuartal I-2021 tercatat mencapai 275 unit, meningkat 24 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Laporan firma riset Strategy Analytics tentang angka pengiriman smartphone global pada kuartal I-2021 dapat dilihat di tautan berikut.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X