Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Bank Digital di Indonesia

Kompas.com - 22/04/2021, 10:46 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejalan dengan perubahan perilaku masyarakat menuju tren digitalisasi dalam berbagai aspek, termasuk transaksi perbankan, layanan bank digital belakangan mulai banyak bermunculan di Indonesia.

Pengembangan bank digital ini tentunya didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan sejumlah aturan yang harus ditaati.

Baca juga: Apa Itu Bank Digital yang Kian Marak di Indonesia

Di Indonesia sendiri, terdapat sejumlah bank digital yang telah beroperasi. Beberapa nama yang sudah hadir di antarnya adalah Jenius dari Bank BTPN, Wokee dari Bank Bukopin, Digibank dari Bank DBS, TMRW dari Bank UOB, dan pendatang baru Jago dari Bank Jago.

Meski sama-sama bank berbasis digital, namun layanan serta fitur yang ditawarkan dari masing-masing platform berbeda.

Berikut ini adalah daftar bank digital yang beroperasi di Indonesia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi masing-masing penyedia layanan, Kamis (22/4/2021).

1. Jenius (Bank BTPN)

Screenshot tampilan aplikasi Bank Digital, JeniusGoogle Play Store Screenshot tampilan aplikasi Bank Digital, Jenius

Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang dirilis oleh PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) pada 2016 lalu. Aplikasi ini memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan maupun pembayaran saat belanja online.

Untuk memiliki rekening Jenius, nasabah perlu melakukan registrasi lalu aktivasi akun via aplikasi. Setelah aktivasi kartu debit Jenius berhasil, barulah nasabah bisa menggunakannya. Pendaftaran sebagai nasabah baru Jenius tidak dikenakan biaya alias gratis.

Dengan begitu, masyarakat semakin mudah untuk membuka rekening bank tanpa perlu mendatangi kantor bank yang bersangkutan.

Saat mengisi saldo Jenius, secara otomatis dana akan tersimpan di Saldo Aktif. Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk melakukan transaksi seperti tarik tunai, transfer, atau transaksi online/offline.

Jenius memiliki fitur bernama Jenius Pay. Dengan Jenius Pay, nasabah bisa melakukan transaksi online di berbagai merchant rekanan Jenius menggunakan $Cashtag tanpa perlu kartu debit/kartu kredit, e-Wallet, atau transfer antar bank.

Baca juga: Induk Shopee Disebut Caplok Bank BKE, Siapkan Bank Digital di Indonesia?

Jenius Pay dapat dipilih sebagai opsi metode pembayaran yang tersedia di website atau aplikasi merchant yang bekerja sama dengan Jenius.

Ada pula fitur lain bernama Flexi Cash atau pinjaman khusus nasabah. Anda bisa mengajukan Flexi Cash tanpa persyaratan tambahan dan tanpa biaya apa pun. Konfirmasi pengajuan (diterima/ditolak) akan langsung diinformasikan lewat aplikasi secara otomatis.

Apabila pengajuan disetujui, jumlah uang yang ingin dicairkan serta jangka waktu tenornya pun bisa ditentukan sesuai keinginan nasabah. Nantinya, dana tersebut akan dipindahkan secara lansung ke Saldo Aktif.

Aplikasi Jenius tersedia di toko Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS). Untuk informasi selengkapnya silakan kunjungi laman resmi Jenius di tautan berikut.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com