Pertumbuhan Pelanggan Netflix Tidak Sesuai Harapan

Kompas.com - 22/04/2021, 12:10 WIB
Ilustrasi aplikasi Netflix. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi Netflix.

KOMPAS.com - Sepanjang 2020, Netflix boleh dibilang mendulang sukses besar karena pandemi. Perusahaan melaporkan berhasil menggaet 36,57 juta pelanggan berbayar baru tahun lalu.

Alhasil, Netflix melaporkan aplikasinya telah digunakan oleh 203,6 juta pelanggan berbayar dari seluruh penjuru dunia.

Namun, kondisi ini justru berbanding terbalik pada 2021 ini. Memasuki 2021, pertumbuhan jumlah pelanggan Netflix melambat.

Perusahaan sejatinya menargetkan penambahan 6 juta pelanggan berbayar pada kuartal awal 2021 ini. Namun, hasilnya tak sesuai seperti yang diharapkan.

Netflix melaporkan hanya berhasil menambahkan 4 juta pengguna berlangganan saja pada kuartal I-2021 ini. Kurang 2 juta lagi untuk bisa mencapai target tersebut.

Baca juga: 6 Aplikasi Ini Tumbuh Pesat Selama Pandemi Covid-19

Dari tambahan 4 juta pelanggan tersebut, paling banyak berasal dari wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, yakni sebanyak 1,8 juta pelanggan.

Sisanya, Netflix hanya berhasil mendapatkan 450.000 pelanggan baru dari pasar AS & Canada, 360.000 pelanggan baru dari Amerika Latin, dan 1,36 juta dari kawasan Asia Pasifik.

Pihak Netflix mengatakan bahwa penurunan jumlah pelanggan baru ini disebabkan pandemi yang belum usai. Pandemi menghambat pembuatan film acara baru sehingga menurunkan minat pengguna untuk berlangganan.

"Dinamika saat ini juga membuat daftar konten yang lebih sedikit pada paruh pertama 2021, dan kami yakin karena itulah pertumbuhan jumlah pelanggan ini melambat," kata Netflix dalam laporan kepada pemegang saham.

Bila dikalkulasi dengan tambahan 4 juta pelanggan ini, Netflix saat ini memiliki 207,6 juta pelanggan secara global.

Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X