3 Keuntungan Bank Digital untuk Pengguna

Kompas.com - 22/04/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi Bank Digital ShutterstockIlustrasi Bank Digital

KOMPAS.com - Bank digital kian marak di Indonesia. Para penyedia layanan perbankan, mulai mengincar ceruk pasar bank digital yang awam digunakan oleh generasi digital savvy.

Jenius yang diperkenalkan Bank BTPN tahun 2016 lalu menjadi salah satu yang paling populer. Kemudian beberapa bank konvensional lain ikut menjajakan layanan serupa, seperti Digibank (DBS), TMRW (UOB), D-Save (Danamon), dan Bang Jago (ARTO) yang dibekingi oleh Gojek.

Tak hanya itu, sejumlah pemain besar industri perbankan di Indonesia juga dilaporkan sudah mulai mengajukan izin untuk menggarap bank digital.

Maraknya bank digital bermunculan membuat pengguna memiliki lebih banyak pilihan layanan perbankan. Namun, apa untungnya menggunakan bank digital bagi pengguna alias nasabah?

1. Layanan keuangan inklusif

Menurut pengamat ekonomi Universitas Indonesia Fithra Faisal, salah satu keuntungan nasabah bank digital ialah mendapatkan akses layanan keuangan yang inklusif.

Fithra menjelaskan, ciri utama yang membedakan bank digital dengan bank konvensional ialah dari cara mereka melakukan operasionaliasi dan ekspansi jangkauan layanan.

Pada umumnya, untuk bisa memperluas layanan perbankan ke wilayah lain, bank konvensional harus membangun kantor cabang, termasuk mempekerjakan teller, satpam, dan pegawai lainnya, hingga menyediakan mesin ATM di wilayah tersebut.

Untuk menyediakan semua itu, pastinya dibutuhkan biaya yang besar.

Lain hal dengan bank digital. Sedari kelahirannya, bank digital memberikan semua layanan secara online dan tidak mengandalkan kantor cabang fisik.

Baca juga: Apa Itu Bank Digital yang Kian Marak di Indonesia

Dengan begitu, Fithra mengungkapkan, bank digital cukup mengandalkan teknologi digitalnya saja ketika akan melakukan ekspansi layanan ke wilayah lain. Tentunya, teknologi tersebut harus didukung oleh sistem IT yang baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X