Samsung Punya TV Neo QLED 8K Baru, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 22/04/2021, 16:53 WIB
Ilustrasi TV Samsung Neo QLED 8K 2021 SamsungIlustrasi TV Samsung Neo QLED 8K 2021

KOMPAS.com - Samsung memiliki produk televisi resolusi tinggi terbaru bernama TV Neo QLED 8K 2021 yang diperkenalkan pada Maret lalu.

Dalam  acara seminar bertajuk "Samsung Visual Display Tech Summit 2021", pada Kamis (22/4/2021), pabrikan Korea Selatan tersebut menjelaskan keistimewaan dari perangkat televisi itu. 

Baca juga: Makin Canggih, Ini Deretan TV Baru Samsung yang Siap Meluncur 2021

Menurut Samsung, ada tiga peningkatan utama yang dibawa TV Neo QLED 8K 2021, dibandingkan generasi sebelumnya. Adapun tiga peningkatan ini meliputi penggunaan Quantum Mini LED baru, teknologi Matriks Quantum 12-bit, dan prosesor Neo Quantum baru.

Lebih ramping

Pada generasi terbaru dari TV Neo QLED-nya, Samsung menggunakan teknologi Quantum Mini LED. Teknologi ini dirancang dengan mengurangi ukuran LED yang digunakan pada TV hingga menjadi hanya 1/40 dari LED konvensional.

Dengan pengurangan ukuran tersebut, TV Neo QLED Samsung pun bisa dibuat lebih ramping.  Quantum Mini LED baru dengan lapisan mikro ini juga disebut dapat menampilkan warna hitam lebih pekat dan tingkat kontras lebih baik pada layar TV.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Quantum Mini LED dengan lapisan mikro memungkinkan adanya peningkatan meningkatkan kecerahan dan akurasi cahaya secara keseluruhan, sekaligus mengurangi efek blooming  yang disebabkan oleh difusi cahaya," ungkap Samsung.

Ilustrasi TV Samsung Neo QLED 8K 2021Samsung Ilustrasi TV Samsung Neo QLED 8K 2021

Lebih kontras

Pada generasi TV Neo QLED terbarunya, Samsung juga meningkatkan skala pencahayaan menjadi 12-bit dengan 4.096 langkah. Pada umumnya, panel LED konvensional skala pencahayaannya hanya berkisar pada 10-bit dengan 1.024 langkah.

Dengan peningkatan ini, Samsung mengatakan, TV akan menyajikan tampilan yang memiliki kontras lebih baik. Selain itu, peningkatan skala menjadi 12-bit juga memberikan kontrol empat kali lebih baik atas sumber cahaya.

"Ini membuat area terang menjadi lebih terang, dan area gelap menjadi lebih gelap, dengan detail dan presisi yang lebih banyak dari sebelumnya," lanjut Samsung.

Lebih jernih

Samsung mengatakan telah meningkatkan kinejara prosesor Neo Quantum dengan menggabungkan teknologi multi-intelligence neural network, termasuk dengan AI upscaling untuk menganalisis konten video yang ditampilkan oleh layarTV.

AI upscaling akan menganalisis kualitas video dengan memerhatikan resolusi, detail, dan noise pada konten video tersebut. Setelah dianalisis, AI upscaling akan meningkatkan kualitas konten video tersebut.

Baca juga: Mengenal Kelebihan Teknologi Layar Micro LED di TV Pintar

Dengan teknologi ini, pengguna dimungkinkan untuk bisa menikmati konten dengan resolusi yang lebih tinggi dibanding aslinya (upscaling) dan dengan tampilan yang lebih jernih.

"Teknologi AI Upscaling Samsung dapat menganalisis konten video dan meningkatkan kejernihan gambar, hingga menghasilkan video 8K yang menakjubkan," kata Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.