Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Photos Bisa Upload Foto dan Video Tanpa Internet

Kompas.com - 23/04/2021, 11:41 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google baru-baru ini menambahkan fitur baru untuk aplikasi Google Photos. Dengan fitur baru ini, Google Photos kini bisa digunakan untuk mengunggah (upload) foto atau video tanpa koneksi internet, alias offline.

Seperti diketahui, layanan cloud seperti Google Photos, memang praktis digunakan untuk menyimpan berbagai file media seperti foto dan video.

Dengan demikian, kapasitas penyimpanan ponsel menjadi lebih lega, karena foto dan video telah tersimpan pada layanan cloud Google Photos.

Baca juga: Ini 5 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos

Salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh pengguna yang ingin mengunggah file ke layanan cloud Google Photos adalah koneksi internet. Namun berkat kehadiran fitur ini, pengguna dapat mengunggah foto meski tanpa terkoneksi ke layanan internet.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu memilih foto dan video yang ingin diunggah ke layanan cloud Google Photos. Selanjutnya, masukkan foto dan video tadi ke sebuah album baru.

Jika sudah, masukkan nama album dan tekan tombol Ok. Nantinya, deretan foto dan video yang tersimpan pada album tersebut akan diunggah (upload) secara otomatis begitu ponsel pengguna terhubung dengan internet.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Jumat (23/4/2021), Google mengklaim bahwa proses upload file tidak akan mengalami gangguan.

Baca juga: Cara Download Foto dan Video dari Google Photos

Fitur baru ini sendiri masih belum diluncurkan secara merata. Sehingga diduga Google baru akan menggulirkan fitur ini secara berkala.

Saat ini, Google Photos masih memberikan kapasitas penyimpanan ruang tanpa batas (unlimited) secara cuma-cuma untuk pelanggannya.

Kendati demikian, benefit tersebut tak lagi akan berlaku mulai 1 Juni 2021 mendatang. Sebab, Google akan membatasi ruang penyimpanan pada Google Photos menjadi 15 GB saja.

Jika ingin menambah kapasitas penyimpanan, maka pengguna akan dikenakan biaya tambahan. Semua foto dan dokumen yang diunggah sebelum tanggal 1 Juni 2021 belum terdampak perubahan kebijakan ini.

Sehingga, tidak akan mengurangi penyimpanan kapasitas 15 GB yang akan datang. Pembatasan ini tampaknya tidak akan berlaku bagi pengguna Google Pixel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com