Ganti Nama Channel YouTube Kini Lebih Mudah, Begini Caranya

Kompas.com - 26/04/2021, 16:07 WIB
Ilustrasi YouTube user businessinsider.comIlustrasi YouTube user

KOMPAS.com - YouTube merilis pembaruan yang memungkinkan pengguna mengubah nama kanal (channel) YouTube dengan cara yang lebih mudah. Dengan pembaruan ini, pemilik channel bisa mengubah nama tanpa mempengaruhi akun Google yang terdaftar.

Biasanya, pemilik channel YouTube sulit untuk mengubah nama akun mereka. Pasalnya, untuk mengubah nama channel, mereka juga harus mengubah sejumlah informasi dari akun Google terlebih dahulu.

Dengan adanya pembaruan ini, pemilik channel tak perlu repot-repot mengubah sejumlah informasi tersebut. Fitur baru ini berlaku untuk akun pribadi maupun akun yang sudah terverifikasi atau centang biru.

Selain nama channel, pengguna YouTube kini juga lebih leluasa untuk mengubah foto profil mereka sesuai kehendak.

Untuk mengubah nama channel dan mengganti foto profil, pengguna cukup mengunjungi halaman YouTube Studio mereka. 

Baca juga: Cara Mengamankan Akun YouTube Kamu supaya Tak Hilang seperti Gen Halilintar

Apabila pengguna membuka YouTube melalui desktop (browser), pengguna bisa masuk ke bagian YouTube Studio di dalam pengaturan channel dan akun. Setelah itu, klik bagian "Customization" kemudian masuk ke menu "Basic Info" untuk mengubah nama channel YouTube.

Sementara jika pengguna ingin mengubah melalui aplikasi YouTube versi mobile atau smartphone, pengguna cukup masuk ke pengaturan dengan menekan foto profil di pojok layar, kemudian masuk ke bagian channel YouTube dan pilih "Edit Channel".

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (26/4/2021), YouTube menyebut pembaruan fitur ini merupakan pembaruan yang paling banyak ditunggu oleh para kreator konten.

Pembaruan ini sendiri memang bertujuan untuk memudahkan pengguna apabila mereka ingin mengganti nama akun atau mengubah foto profil secara bersamaan.

Baca juga: YouTube Bisa Kenali Pelanggaran Hak Cipta Sebelum Video Diunggah

Di sana pengguna bisa langsung mengedit nama akun sebelumnya dengan nama yang dikehendaki sekaligus mengganti foto profil baru.

Artinya, nama kanal dan foto profil yang terpampang di YouTube tidak harus disesuaikan seperti nama yang tercantum pada akun Google mereka.

Namun perlu dicatat, pemilik kanal yang sudah terverifikasi akan kehilangan centang biru setelah mengubah nama akun YouTube mereka.

Kendati demikian, YouTube mengatakan bahwa kreator bisa mengirim pengajuan akun verifikasi untuk memperoleh centang biru seperti semula.

Fitur ini bisa dimanfaatkan oleh para kreator konten di YouTube yang ingin melakukan rebranding kanal YouTube mereka. 



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X