Apple Rilis iOS 14.5, Ada Fitur Anti Pelacakan Facebook hingga Emoji Baru

Kompas.com - 27/04/2021, 08:36 WIB
Apple rilis pembaruan sistem operasi iOS 14.5. MacRumorsApple rilis pembaruan sistem operasi iOS 14.5.

KOMPAS.com - Apple akhirnya resmi merilis pembaruan sistem operasi (OS) mobile miliknya iOS 14.5 untuk pengguna iPhone. Sistem operasi ini sebelumnya sudah diuji coba melalui versi beta sejak Februari lalu.

Dalam pembaruan iOS 14.5, Apple menyematkan sejumlah fitur anyar, yakni kemampuan membuka iPhone dengan Apple Watch, pilihan suara Siri yang lebih banyak, hingga emoji baru.

Fitur baru iOS 14.5 termasuk fitur yang sudah ditunggu-tunggu oleh pengguna iPhone yaitu fitur anti-pelacakan iklan alias App Tracking Transparency (ATT).

Dengan App Tracking Transparency, pengguna iPhone kini dapat mengontrol aplikasi mana saja yang diizinkan untuk melacak aktivitas pengguna untuk tujuan periklanan online.

Baca juga: Facebook Dua Kali Pasang Iklan di Koran untuk Protes Apple

Fitur ini diketahui menjadi momok besar buat Facebook yang bisnis iklannya mengandalkan pelacakan aktivitas pengguna. Facebook pun sempat melancarkan protes sebelum akhirnya tunduk pada aturan baru Apple.

Setelah mengunduh pembaruan iOS 14.5, pengguna iPhone akan mulai melihat sebuah prompt ATT saat menggunakan aplikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prompt berisi pilihan menjaga privasi di iOS 14, yang menjadi poin keberatan Facebook atas kebijakan Apple. Apple Prompt berisi pilihan menjaga privasi di iOS 14, yang menjadi poin keberatan Facebook atas kebijakan Apple.
Prompt ATT tersebut menyediakan dua opsi untuk pengguna terkait aktivitas pelacakan oleh aplikasi. Dua opsi tersebut adalah "ask app not to track" dan "allow".

Ketika pengguna memilih opsi "ask app not to track", artinya pengguna tak ingin aplikasi melacak aktivitasnya saat sedang digunakan.

Baca juga: Facebook Akui Kesulitan Lacak Pengguna untuk Iklan di iOS 14

Aplikasi itu pun tidak bisa lagi mengikuti segala kegiatan pengguna, termasuk mengumpulkan data pribadi  (seperti umur, lokasi, informasi kesehatan, kebiasaan belanja, dsb.) untuk tujuan iklan.

Sebaliknya, ketika pengguna memilih opsi "allow", artinya pengguna memberikan izin aplikasi untuk melacaknya dan mengumpulkan data pribadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.