Ini Peningkatan Fitur di Oppo A54 Dibanding Oppo A31

Kompas.com - 27/04/2021, 13:54 WIB
Ilustrasi Oppo A31 dan Oppo A54. IstIlustrasi Oppo A31 dan Oppo A54.

KOMPAS.com - Oppo A54 resmi dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu. Alih-alih suksesor Oppo A53 yang dirilis sekitar Agustus 2020, Oppo mengklaim ponsel ini merupakan penerus dari Oppo A31 yang diluncurkan pada Februari tahun lalu.

"Oppo A53 secara positioning lebih menggantikan Oppo A31. Spesifikasinya hampir sama, namun, memiliki sejumlah peningkatan yang signifikan dari pendahulunya," ungkap Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto kepada KompasTekno beberapa waktu lalu.

Menurut Aryo, peningkatan signifikan yang dimaksud adalah penggunaan punch hole untuk memuat kamera selfie, alih-alih poni konvensional bergaya ala tetesan air (waterdrop).

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo A54

Modul punch hole ini turut memuat kamera selfie 16 MP, meningkat dari 8 MP di Oppo A31. Kamera ini juga dilengkapi dengan lampu di sekeliling modul yang bisa menyala, serta fitur AI Beauty 2.0 untuk mempercantik hasil foto wajah.

Masih soal fotografi, kedua ponsel ini sebenarnya sama-sama dibekali dengan tiga kamera belakang. Hanya saja, kamera utamanya meningkat dari 12 MP di Oppo A31 menjadi 13 MP di Oppo A54.

Meski demikian, dua kamera lainnya memiliki resolusi identik, yaitu kamera macro dan depth sensor yang masing-masing beresolusi 2 MP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sisi depan Oppo A54 menggunakan desain punch hole atau lubang kamera untuk menampung kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0)KOMPAS.com/ConneyStephanie Sisi depan Oppo A54 menggunakan desain punch hole atau lubang kamera untuk menampung kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0)

Terlepas dari kamera, kapasitas baterai kedua ponsel juga berbeda. Oppo A54 ditopang dengan baterai dengan kapasitas lebih besar dari Oppo A31, yaitu 5.000 mAh (Oppo A54) berbanding 4.230 mAh (Oppo A31).

Ketika baterainya habis, daya Oppo A54 bisa diisi melalui konektor USB tipe-C, lebih modern dibanding microUSB 2.0 di Oppo A31.

Peningkatan lainnya, menurut Aryo, adalah modul pemindai sidik jari (fingerprint) yang kini diletakkan di bingkai perangkat (side fingerprint), bukan "menempel" di bagian punggung ponsel.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo A74 5G dan A74 di Indonesia

Penempatan modul fingerprint ini, lanjut Aryo, dimaksud untuk memudahkan pengguna membuka kunci layar perangkat dengan mudah dan efisien.

Terlepas dari kamera, baterai, dan fitur biometrik, spesifikasi Oppo A31 dan A54 lainnya bisa dibilang sama persis. Kedua ponsel ini dibekali dengan panel IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi HD Plus.

Di segi hardware, kedua ponsel tersebut juga kompak ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P35 yang dipadu dengan RAM 4 GB/6 GB dan memori internal 64 GB/128 GB.

Pantauan KompasTekno di sejumlah e-commerce, Selasa (27/4/2021), kedua ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, tepatnya Rp 2,5 juta untuk varian terbawah masing-masing perangkat, yaitu Oppo A31 4 GB/128 GB dan Oppo A54 4 GB/64 GB.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.