WhatsApp Uji Coba Pesan Menghilang Otomatis dalam 24 Jam

Kompas.com - 27/04/2021, 16:29 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Tahun lalu, WhatsApp merilis fitur pesan sementara yang memungkinkan pesan akan terhapus otomatis setelah tujuh hari. Kini, WhatsApp sedang menyiapkan opsi baru untuk mempercepat durasi penghapusan pesan, yakni dalam 24 jam.

Kabar ini diungkap situs WA Beta Info yang kerap membagikan bocoran bakal fitur baru WhatsApp. Dari tangkapan layar yang dilampirkan, tampak ada tiga opsi di fitur "Disappearing Messages" yakni 24 jam, tujuh hari, dan opsi non-aktif.

Saat ini, hanya ada dua opsi yakni mengaktifkan (on) atau menon-aktifkan (off) dengan durasi hapus pesan default secara tujuh hari.

Kendati demikian, durasi baru untuk fitur hapus pesan otomatis ini masih dalam tahap pengembangan dan akan segera tersedia di pembaruan iOS, Android, dan WhatsApp versi desktop sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs WA Beta Info, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Pesaing Terberat WhatsApp Bakal Dirombak dan Makin Diminati

Bocoran fitur Disappearing Messages yang akan memiliki opsi hapus pesan lebih cepat yakni dalam 24 jam.WABetaInfo Bocoran fitur Disappearing Messages yang akan memiliki opsi hapus pesan lebih cepat yakni dalam 24 jam.

Adapun fitur "Disappearing Messages" ini bisa membantu pengguna untuk lebih efisien dalam menghapus pesan, baik percakapan personal maupun percakapan di dalam grup.

Namun, untuk WhatsApp Group hanya admin saja yang bisa mengaktifkan dan mematikan fitur ini.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Cukup buka chatroom percakapan personal atau WhatsApp Group yang ingin dikehendaki.

Kemudian, gulir ke bawah hingga menemukan fitur "pesan sementara" yang ditandai dengan ikon serupa jam. Tepatnya, fitur itu berada di antara fitur enkripsi dan pesan berbintang.
Setelah menngetuk fitur "pesan sementara", kemudian pilih opsi "nyala".

Baca juga: Cara Menyamarkan Percakapan di WhatsApp Web Agar Tidak Dilihat Orang Lain

Nantinya akan muncul keterangan fitur yang menyebut bahwa "pesan akan hilang dari chat setelah 7 hari". Setelah diaktifkan, pesan yang dikirim dan diterima akan hilang secara permanen setelah sepekan.

Di ruang obrolan, akan muncul keterangan bahwa fitur telah diaktifkan. Keterangan yang sama juga akan muncul di ruang obrolan penerima pesan.

Pengaturan ini bisa diubah sewaktu-waktu. Sedikit catatan, khusus untuk pesan media yang sudah diunduh akan hilang di ruang obrolan namun tetap tersimpan di dalam ponsel.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X