Laba XL Axiata Rp 321 Miliar, Layanan Data Jadi Penyumbang Terbesar

Kompas.com - 28/04/2021, 08:02 WIB
XL Axiata. XL AxiataXL Axiata.

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata membukukan pencapaian positif pada kuartal I-2021. Laba bersih yang berhasil diraup XL Axiata pada kuartal I-2021 adalah sebesar Rp 321 miliar.

Kontribusi paling besar disumbang oleh layanan data yang tumbuh 40 persen secara year on year (YoY). Layanan data menyumbang 94 persen dari total pendapatan layanan pada periode ini.

Trafik data pada kuartal pertama 2021 diklaim meningkat dari 997 Petabyte menjadi 1.391 Petabyte.

Baca juga: XL Axiata Alokasikan Belanja Modal Rp 7 Triliun untuk Kembangkan Jaringan

Untuk EBITDA (earnings before interest, taxes, depreciation and amortization), terjadi peningkatan sebesar 50 persen menjadi Rp 3,11 triliun.

Penetrasi smartphone juga diklaim mencapai 90 persen, naik 4 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Kendati begitu, jumlah pelanggan XL Axiata pada periode ini hanya mengalami sedikit peningkatan, yaitu dari 55,49 juta menjadi 56,02 juta dengan ARPU sebesar Rp 33.000 untuk pelanggan prabayar, dan Rp 108.000 untuk pelanggan pascabayar.

Untuk ARPU campuran sendiri tercatat sebesar Rp 35.000.

Sepanjang kuartal I-2021, XL Axiata turut menghadirkan produk atau paket data terbaru, di antaranya yaitu Paket Akrab untuk pelanggan prabayar. Kemudian ada juga kartu XL Prio yang menyasar segmen pascabayar dengan mengutamakan program bundling smartphone.

Hasilnya, jumlah pelanggan pascabayar pada periode ini mengalami peningkatan dari 1,15 juta pada kuartal I-2020 menjadi 1,18 juta di kuartal I-2021.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa kuartal I-2021 ini menjadi periode yang tidak mudah, mengingat ketatnya persaingan perusahaaan dengan operator seluler lain.

Baca juga: Sinyal XL Axiata Hilang di Jalur Bawah Tanah MRT Jakarta, Ini Penyebabnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X