Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Mulai Minta Izin untuk Lacak Aktivitas Pengguna iPhone

Kompas.com - 28/04/2021, 09:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Salah satu fitur baru dari iOS 14.5 yang dirilis awal pekan ini adalah App Tracking Transparency yang memberikan pilihan kepada pengguna pengguna, apakah akan membolehkan sebuah aplikasi melacak aktivitas online mereka atau tidak.

Hal tersebut sempat menjadi poin keberatan Facebook yang bisnis iklannya bergantung pada pelacakan aktivitas pengguna, meski akhirnya jejaring sosial itu tunduk juga pada ketentuan Apple.

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.5, Ada Fitur Anti Pelacakan Facebook hingga Emoji Baru

Facebook pun mengatakan pihaknya telah mulai meminta izin kepada para pengguna iPhone yang sudah menjalankan iOS 14.5 untuk melacak aktivitas mereka, dengan cara memunculkan notifikasi khusus ketika aplikasi dijalankan.

Di notifikasi ini, pengguna bisa memilih apakah akan membolehkan Facebook atau tidak. Namun, karena dirilis secara bertahap, Facebook mengatakan belum semua pengguna iPhone dengan iOS 14.5 sudah mendapat notifikasi yang bersangkutan.

Notifikasi yang ditampilkan aplikasi Facebook dan Instagram di iOS 14.5 untuk meminta izin pelacakan aktivitas pada penggunaFacebook Notifikasi yang ditampilkan aplikasi Facebook dan Instagram di iOS 14.5 untuk meminta izin pelacakan aktivitas pada pengguna
"Kami akan meluncurkan permintaan izin tersebut selama beberapa pekan ke depan, sehingga tidak semua pengguna yang memenuhi syarat dapat segera melihat permintaan tersebut," ujar juru bicara Facebook.

Selain Facebook, aplikasi Instagram juga akan menampilkan notifikasi serupa, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Facebook Akhirnya Tunduk pada Aturan Apple

Keharusan untuk meminta izin pengguna sebelum melakukan pelacakan berlaku untuk semua aplikasi, bukan hanya Facebook dan keluarganya.

Sebelumnya, Facebook secara terbuka sempat menentang kebijakan App Tracking Transparency yang dinilai bisa membahayakan bisnis iklan mereka di platform iOS, sehingga berpotensi kehilangan pendapatan.

Namun, Facebook akhirnya manut dan mulai meminta izin kepada pengguna sebagai syarat agar aplikasinya bisa tetap beredar di iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com