Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panggil Google Assistant di Ponsel Tak Perlu Sebut "OK Google"?

Kompas.com - 28/04/2021, 11:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google tengah mengembangkan sebuah fitur baru untuk aplikasi asisten virtual Google Assistant. Adapun fitur yang dimaksud bernama Guacamole.

Berkat kehadiran Guacamole, pengguna tak lagi harus menyerukan perintah "Ok Google" berkali-kali untuk mengaktifkan atau menjawab Google Assistant, sebelum memberikan perintah.

Pengucapan OK Google berkali-kali dalam setiap menjawab atau memberikan perintah baru, seringkali dianggap aneh atau mengganggu bagi sebagian pengguna. Google ingin mengilangkan ini, sehingga percakapan menjadi lebih luwes.

Guacamole sendiri masih dalam proses pengembangan alias belum rampung. Oleh sebab itu, fitur ini baru dapat melakukan berbagai tugas sederhana, seperti menjawab panggilan atau mematikan alarm.

Baca juga: Google, Gmail, YouTube dkk Dikeluhkan Down

Karena tak lagi harus mengucapkan kata kunci seperti "Ok Google", pengguna bisa langsung memberikan perintah seperti "Snooze" atau "Stop" untuk mematikan alarm atau timer.

Sementara untuk menerima atau menolak panggilan, pengguna hanya perlu mengucapkan kalimat perintah "Answer/decline the call" ketika terdapat panggilan masuk.

Dihimpun KompasTekno dari Android Police, Rabu (28/4/2021), fitur Guacamole dapat diaktifkan melalui menu pengaturan yang terdapat pada aplikasi Google Assistant.

Nantinya, akan muncul sebuah opsi menu baru bernama Guacamole. Pada opsi tersebut, pengguna dapat menggeser toggle yang ada untuk bisa mengaktifkan fitur Guacamole.

Fitur Guacamole dapat diaktifkan melalui menu pengaturan di Google AssistantThe Verge Fitur Guacamole dapat diaktifkan melalui menu pengaturan di Google Assistant

Fitur ini telah muncul pada ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 11 versi 12.15.9.29. Meski demikian, belum semua pengguna Android dapat mengakses fitur anyar ini.

Baca juga: Google Assistant Punya Kemampuan Baru, Bisa Lacak iPhone Hilang

Google kabarnya baru akan merilis fitur Guacamole melalui acara tahunan Google I/O yang digelar pada 18 Mei mendatang.

Meski terdengar anyar, namun Guacamole sejatinya merupakan salah satu fitur yang diadopsi dari smart speaker Google Home dan Nest Hub.

Baik Google Home dan Nest Hub dikenal sebagai platform yang telah mendukung Google Assistant. Kedua perangkat ini dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat-perangkat smart home hingga memainkan musik.

Uniknya, Google telah merancang kedua perangkat ini dapat dikendalikan melalui perintah-perintah sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com