Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online secara Aman

Kompas.com - 29/04/2021, 10:10 WIB
Ilustrasi transaksi online financial expressIlustrasi transaksi online

KOMPAS.com - Tren digitalisasi kini menjadikan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayaran untuk bertransaksi secara online.

Pengunaan kartu kredit pun bisa diimplementasikan untuk berbagai hal, mulai dari belanja online, pemesanan tiket, hingga membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari.

Namun, seiring meningkatnya transaksi perbankan secara online, tingkat kejahatan di ranah digital pun seolah tak bisa dipungkiri.

Baca juga: Cara Beli Game Diskon di Steam Tanpa Kartu Kredit

Guna menghindari risiko kejahatan saat menggunakan kartu kredit untuk belanja online, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berikut ini KompasTekno telah merangkum tips cara menggunakan kartu kredit untuk belanja online secara aman.

1. Jangan mendaftarkan banyak kartu kredit saat belanja online

Pastikan Anda hanya mendaftarkan satu kartu kredit untuk melakukan transaksi online. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari upaya pencurian informasi pribadi yang mungkin saja bisa diretas oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Menggunakan satu kartu kredit untuk melakukan pembayaran secara online juga akan memudahkan Anda dalam melacak segala transaksi apapun termasuk biaya yang sudah dikeluarkan.

2. Aktifkan nomor Virtual Account untuk transaksi pembayaran

Nomor virtual account berfungsi untuk memudahkan pengguna setiap kali mereka ingin melakukan transaksi pembayaran secara online melalui aplikasi.

Dengan adanya nomor virtual account ini, peretas tidak akan mengetahui nomor kartu kredit Anda selama proses pembayaran dilakukan.

Singkatnya, virtual account merupakan nomor alternatif sebelum pengguna melakukan metode pembayaran apapun secara online.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Kaspersky
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X