WhatsApp Uji Fitur Transfer Obrolan dari Android ke iOS

Kompas.com - 29/04/2021, 13:42 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user

 

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan tengah menyiapkan fitur bernama Chat Migration. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna memindahkan riwayat percakapan dari Android ke iOS (iPhone/iPad).

Kabar ini terendus dari situs WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Berdasarkan penelusuran WABetaInfo, ada serangkaian kode API WhatsApp beta versi 2.21.9.7 (Android) yang mengindikasikan bahwa WhatsApp tengah mengembangkan fitur migrasi riwayat obrolan (chat history) dari perangkat Android ke iPhone, atau sebaliknya.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Pesan Menghilang Otomatis dalam 24 Jam

Sebagai informasi, selama ini pengguna WhatsApp biasanya memindahkan riwayat percakapan dengan memanfaatkan layanan Google Drive.

Dengan melakukan backup, riwayat percakapan bisa tersimpan dengan aman dan tidak akan terhapus, meski akun WhatsApp dipindahkan ke ponsel lain.

WhatsApp tengah mengujicoba fitur Chat MigrationWABetaInfo WhatsApp tengah mengujicoba fitur Chat Migration

Ke depannya, lewat fitur bernama Chat Migration ini, pengguna dapat memindahkan isi percakapan mereka secara langsung, tanpa perlu mengandalkan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Plus atau WhatsApp GB.

Sebab, aplikasi buatan pihak ketiga yang mengklaim dapat digunakan untuk memindahkan obrolan WhatsApp antar perangkat itu dianggap melanggar Persyaratan Layanan WhatsApp.

Baca juga: Isi Chat di WhatsApp Kini Bisa Dipindahkan ke Telegram, Begini Caranya

"WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanan mereka," tulis WhatsApp di blog resminya.

Fitur Chat Migration belum mendarat di platform manapun hingga berita ini ditayangkan. WhatsApp pun belum mengungkapkan kapan fitur ini akan diluncurkan untuk seluruh pengguna selain versi beta.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa fitur tersebut akan hadir untuk seluruh pengguna WhatsApp dalam waktu dekat.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Pocket Now, Kamis (29/4/2021), WhatsApp juga dikabarkan bakal memungkinkan satu akun terhubung ke beberapa perangkat sekaligus, tanpa memerlukan koneksi internet.

Jumlah perangkat yang bakal bisa terhubung sekaligus disebut mencapai empat perangkat, baik dari smartphone, tablet, atau PC (desktop/laptop). 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.