Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juan Joya Borja, Pria yang Viral Jadi Meme Ketawa Meninggal Dunia

Kompas.com - 29/04/2021, 15:01 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Vice

KOMPAS.com - Komedian asal Spanyol, Juan Joya Borja tutup usia pada Rabu (28/4/2021) lalu. Pria tersebut viral sebagai "Spanish Laughing Guy" karena meme ketawanya tersebar di internet.

Borja meninggal pada usia 65 tahun. Koran Spanyol melaporkan Borja meninggal akibat penyakit komplikasi yang dideritanya bertahun-tahun. Bahkan pada 2020 lalu, Borja dikabarkan banyak menghabiskan waktu di rumah sakit.

Semasa hidupnya, Juan Joya Borja juga dikenal dengan sebutan "The Giggles" karena memiliki gaya ketawa yang unik yang membuat ekpresinya itu dijadikan sebuah meme lucu dan viral di media sosial.

Baca juga: Kucing Putih dalam Meme Longcat Mati pada Usia 18 Tahun

Juan Joya Borja pertama kali memulai debutnya sejak ia muncul di salah satu program televisi lokal bernama Ratones Coloraos pada tahun 2007.

Di acara itu, Juan Joya Borja menceritakan kisah lucu tentang pengalamannya di dunia kerja. Ia mengatakan bahwa dirinya pernah ditugaskan untuk membersihkan sebuah panci berjamur.

Borja menganggap ceritanya itu sangat lucu. Alhasil, pembawa acara bernama Jesus Quinterose dan Borja pun tidak berhenti tertawa sepanjang acara berlangsung.

Video perbincangan lucu tersebut kemudian diunggah oleh Ratones Coloraos di kanal YouTube mereka dan populer di Spanyol.

Barulah sekitar tahun 2014, wajah Juan Joya Borja mulai digunakan banyak orang untuk dijadikan meme, parodi, dan diedit dengan kreasi kata-kata lucu lainnya.

Baca juga: Asal Muasal 10 Istilah Populer di Internet, dari Meme hingga Troll

Tak hanya menjadi ikon meme, wajah Juan Joya Borja juga menginspirasi emoji KEKW dalam platform streaming Twitch.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Vice, Kamis (29/4/2021), Borja juga sempat mengomentari dan memberikan celotehan lucu untuk produk MacBook Apple yang dirilis pada tahun 2015 lalu.

Aksi tertawanya pun dipercaya membuat banyak orang ikut senang dan bahagia saat melihat ekpresinya.

Kepergian Juan Joya Borja tentu membawa kenangan tersendiri di mata banyak penggemarnya. Selamat jalan Borja!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Vice


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com