Calibri Font "Default" Microsoft Office Bakal Diganti, Ini Kandidatnya

Kompas.com - 29/04/2021, 17:51 WIB
Calibri sebagai font default di Microsoft office Kompas.com/Wahyunanda KusumaCalibri sebagai font default di Microsoft office

KOMPAS.com - Calibri menjadi font atau jenis huruf default di Microsoft Office selama kurang lebih 14 tahun. Microsoft kini berencana mengganti Calibri dengan jenis huruf lain, sebagai pilihan yang telah ditetapkan (default) di Microsoft Office.

Itu artinya, Calibri akan purna tugas sebagai font default, namun tetap akan tersedia sebagai font opsional.

"Calibri telah menjadi font default untuk semua aplikasi Microsoft sejak tahun 2007, ketika menggantikan Times New Roman di seluruh Microsoft Office. Calibri telah membantu kami semua dengan baik, tapi kami yakin inilah saatnya untuk berkembang," begitu isi tulisan di blog resmi Microsoft.

Baca juga: Cara Mengubah Font WhatsApp dan Instagram Tanpa Instal Aplikasi Lain

Selain mengumumkan pensiunnya Calibri, Microsoft juga mengumumkan lima kandidat font default baru, yakni Tenorite, Bierstadt, Skeena, Seaford, dan Grandview Font.

Tenorite yang dirancang oleh Erin McLaughlin dan Wei Huang, sepintas mirip dengan jenis huruf Sans Serif, namun memiliki kesan lebih hangat dan bersahabat dengan ujung guratan yang terkesan tumpul.

Jenis huruf kedua adalah Bierstadt. Huruf yang dibuat oleh Steve Matteson ini terlihat seperti Sans Serif gaya kontemporer. Font ini terinspirasi oleh tipografi Swiss abad ke-20.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kandidat font default ketiga adalah Skeena yang didesain oleh John Hudson dan Paul Hanslow.
Font Skeena terlihat seperti font Sans Serif yang lebih humanis.

Kemudian ada font Seaford buatan Tobias Frere-Jones, Nina Stössinger, dan Fred Shallcrass.
Seaford disebut sebagai jenis font yang berakar pada desain Sans Serif gaya lama.

Kandidat font default terakhir pengganti Calibri adalah Grandview, buatan Aaron Bell. Jenis font ini dirancang agar dapat terbaca dari kejauhan.

Baca juga: Cerita Font Microsoft yang Bisa Tumbangkan Pemerintah Pakistan

Dihimpun KompasTekno dari Geek Wire, Kamis (29/4/2021), Microsoft mengundang penggunanya untuk mencoba lima jenis font yang akan menggantikan posisi Calibri.

Font tersebut tersedia melalui cloud di aplikasi Microsoft 365. Setelah mencoba, Microsoft berharap penggunanya memberikan umpan balik melalui komentar di media sosial.

Microsoft mengatakan, kendati nantinya hanya dipilih satu font sebagai default, semua font tetap akan hadir di Microsoft Office sebagai opsi.

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X