Cara Mengamankan E-mail yang Biasa Dipakai untuk Verifikasi Akun

Kompas.com - 30/04/2021, 15:01 WIB
Ilustrasi kode verifikasi yang diterima via e-mail untuk memverifikasi pemilik sebuah akun. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi kode verifikasi yang diterima via e-mail untuk memverifikasi pemilik sebuah akun.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sama dengan nomor telepon, e-mail juga bisa dipakai untuk mendapatkan kode verifikasi guna memastikan keaslian atau kepemilikan sebuah akun di berbagai platform di internet.

Kode verifikasi yang dikirimkan via e-mail ini biasanya diperlukan untuk mengakses sebuah akun.

Kode yang biasanya terdiri dari beberapa digit angka tersebut juga biasanya dibutuhkan apabila pengguna lupa kata sandi (password) dari sebuah akun yang didaftarkan menggunakan alamat e-mail.

Apabila sebuah akun e-mail diretas atau dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, mereka berpotensi akan melakukan berbagai kejahatan siber yang tentunya akan merugikan kita sendiri.

Di antaranya melakukan penipuan, mencemarkan nama baik si pemilik e-mail, meminjam uang, dan mengakses berbagai akun lainnya di internet yang terhubung dengan e-mail tersebut.

Pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengatakan bahwa alamat e-mail sendiri sama pentingnya dengan nomor telepon apabila melihat fungsinya sebagai alat verifikasi akun.

"Posisi e-mail dan nomor telepon sama pentingnya untuk verifikasi akun. Bedanya, nomor telepon harus dipelihara agar tidak hilang, sementara e-mail harus diamankan (agar tidak diretas)," kata Alfons kepada KompasTekno dalam pesan singkat. 

Karena merupakan alat verifikasi yang krusial, akun e-mail sejatinya harus diamankan sedemikian rupa agar tidak mudah diretas. Lantas, bagaimana cara mengamankan akun e-mail yang kita miliki?

1. Pakai Two-Factor Authentication (TFA)

Ilustrasi keamanan internetIstimewa Ilustrasi keamanan internet

Berbagai platform e-mail, seperti Gmail, memiliki fitur Two-Factor Authentication (TFA) yang bisa digunakan untuk mempertebal lapisan keamanan akun.

Menurut Alfons, mengaktifkan TFA merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah peretas mencuri akun kita dan berbagai data yang tersimpan di dalamnya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Facebook agar Tidak Kena Phising Tag Link Porno

Sebab, pembajak akun akan membutuhkan kode verifikasi atau one-time password (OTP) yang biasanya dikirimkan ke nomor ponsel melalui SMS untuk mengakses akun tersebut.

"Cara terbaik mengamankan akun e-mail adalah dengan mengaktifkan TFA. Dengan begitu, akun e-mail akan sangat sulit diambil karena sekalipun password-nya bocor, pengguna akan tetap terlindungi dengan OTP," tutur Alfons.

Selain menggunakan TFA, pengguna juga bisa menggunakan otentikasi multifaktor pihak ketiga, seperti Google Authenticator, Authy, dan sejenisnya, pada akun mereka untuk mengamankan akun.

Baca juga: Cara Memindahkan Google Authenticator ke Ponsel Lain

2. Pakai kata sandi yang kuat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X