Kompas.com - 01/05/2021, 12:29 WIB
Ilustrasi TikTok ByteDance cnet.comIlustrasi TikTok ByteDance
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada akhir Agustus 2020 lalu, Chief Executive Officer (CEO) TikTok Kevin Mayer resmi mengundirkan diri karena tekanan dari pemerintahan Donald Trump yang menganggap aplikasi TikTok sebagai ancaman keamanan nasional.

Sejak itu posisi CEO TikTok dijabat untuk sementara waktu (interim) oleh Vanessa Pappas yang sebelumnya menakhodai bisnis operasi TikTok di Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru.

Pekan ini, CEO ByteDance yang merupakan induk dari TikTok, Yiming Zhang, menunjuk CEO TikTok. Ia adalah Shou Zi Chew yang juga menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) ByteDance.

Posisi CFO ByteDance sendiri tidak akan dilepas oleh Shou, sehingga ia akan merangkap dua jabatan sekaligus di ByteDance dan TikTok.

Baca juga: Inggris Tuntut TikTok Atas Dugaan Kumpulkan Data Anak-anak

Menurut Yiming, Shou memiliki pengetahuan yang mendalam terkait industri jejaring sosial berkat kiprahnya di bidang teknologi dalam satu dekade terakhir. Selain itu, ia juga dianggap dekat dengan para investor.

Vanessa Pappas sendiri dipercaya Yiming untuk menjadi Chief Operating Officer (COO) TikTok dan bertanggung jawab atas bisnis operasional perusahaan tersebut.

Vanessa, lanjut Yiming, memiliki jiwa kepemimpinan kuat yang dibutuhkan memantau dan mengelola bisnis operasi TikTok secara global.

"Kolaborasi antara Shou dan Vanessa dapat menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan bagi TikTok," tutur Yiming dalam sebuah pengumuman resmi, dikutip KompasTekno dari NewsroomTikTok, Sabtu (1/5/2021).

Sebelum bergabung dengan ByteDance dan menjabat sebagai posisi CFO pada Maret 2021 lalu, Shou sempat bekerja di Xiaomi selama lebih dari 5 tahun. Ia juga sempat menjadi anggota direksi dari perusahaan layanan cloud asal China, Kingsoft Cloud.

Baca juga: TikTok Sebut Semua Video Viral Terjadi Organik, Faktanya Tidak

Sedangkan Vanessa sendiri merupakan salah satu sosok penting yang memimpin pengembangan YouTube selama lebih dari 7 tahun sejak tahun 2011.

Pada November 2018 lalu, ia lantas memutuskan untuk beralih ke ByteDance sebagai Strategic Advisor.

Tak lama kemudian, Vanessa naik jabatan menjadi General Manager untuk bisnis operasional TikTok di AS, hingga pada Agustus 2020 lalu ia dipercaya untuk memegang posisi Global interim Head of TikTok selama 8 bulan.



Sumber TikTok
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X