iPad dan iMac Bakal Jadi Barang Langka

Kompas.com - 01/05/2021, 16:42 WIB
Ilustrasi iPad TheVergeIlustrasi iPad
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Lini produk iPad dan iMac disebut akan sulit didapat konsumen dalam beberapa waktu ke depan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO Apple Tim Cook dalam laporan keuangan Apple kuartal-II 2021 yang dirilis baru-baru ini.

Cook mengatakan hal tersebut saat melanjutkan pernyataan Chief Financial Officer (CFO) Apple Luca Maestri, yang memprediksi bahwa pendapatan Apple akan berkurang sekitar 3-4 miliar dolar AS (sekitar 43,3 - 57,7 triliun) pada kuartal-III 2021.

Penurunan tersebut diakibatkan oleh kelangkaan komponen semikonduktor global yang saat ini tampaknya masih menjadi momok bagi sejumlah perusahaan teknologi. Hal ini juga diperparah dengan permintaan iPad dan iMac yang diklaim cukup tinggi.

"Melanjutkan pernyataan Luca tadi, kelangkaan ini utamanya memengaruhi iPad dan Mac. Kami memprediksi kelangkaan ini (cenderung) berasal dari pasokan komponen, bukan tingginya permintaan (iPad dan Mac)," ujar Cook, sebagaimana dikutip KompasTekno dari MacRumors, Sabtu (1/5/2021).

Baca juga: Harga Smartphone Naik dan Laptop Langka, Ini Biang Keladinya

Cook belum bisa memastikan kapan kelangkaan komponen semikonduktor ini akan mereda. Ia juga tidak menyebutkan komponen apa saja yang bakal sulit didapat oleh mereka.

Ia menambahkan masalah utama yang tengah dihadapi perusahaan adalah soal chip "legacy nodes" yang menggunakan metode manufaktur lawas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses manufaktur dengan node lama tersebut, menurut perusahaan teknologi Insignis,  diklaim lebih menguntungkan dibanding proses manufaktur baru, sehingga wajar saja apabila dilirik berbagai macam industri.

"Yang menjadi masalah bagi kami adalah melisensikan proses manufaktur legacy nodes. Tidak hanya di industri yang sama, pemain di industri lain yang menggunakan proses manufaktur ini juga mengalami hal serupa," kata Cook.

Meski mulai terasa, efek kelangkaan komponen semikonduktor sendiri agaknya tidak terlalu besar bagi Apple lantaran mereka mulai membuat komponen chip-nya sendiri, yaitu Apple M1.

Baca juga: Konsol Nintendo Switch Bakal Jadi Barang Langka

Namun bagi sejumlah industri, seperti otomotif, komputer, hingga game, fenomena ini tentunya menjadi tamparan berarti.

Halaman:


Sumber Mac Rumors
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.